Ahad 05 Jun 2022 13:58 WIB

Waskita Karya Bukukan Kontrak Baru Rp 7,48 Triliun per April 2022

Capaian ini meningkat sebesar 347 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah membukukan kontrak baru senilai Rp 7,48 triliun hingga April 2022.
Foto: Facebook PT Waskita Karya
Logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah membukukan kontrak baru senilai Rp 7,48 triliun hingga April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah membukukan kontrak baru senilai Rp 7,48 triliun hingga April 2022. Capaian ini meningkat sebesar 347 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Belum lama ini, Perseroan memenangkan tender proyek infrastruktur untuk pekerjaan Proyek Remedial dan Penanganan Sedimentasi Bendungan di Sumbawa IV yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) senilai Rp 272 miliar. 

Baca Juga

"Pemenangan tender ini menambah capaian Nilai Kontrak Baru (NKB) yang diraih oleh Perseroan," kata SVP Corporate Secretary Perseroan, Novianto Ari Nugroho dalam keterangannya dikutip Ahad (5/6/2022). 

Novianto pun menjelaskan dengan lebih rinci mengenai proyek baru ini. Secara administratif, menurut Novianto, proyek ini tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Bima dan Dompu. Adapun tujuan pekerjaan proyek ini adalah untuk mengoptimalisasi fungsi bendungan khususnya di Sumbawa. 

"Nantinya bendungan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, yang mana bendungan tersebut di samping sebagai fasilitas ketersediaan air untuk pemukiman serta pertanian saat kemarau, juga dapat mencegah terjadinya bahaya banjir terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai," ujar Novianto.

Ruang lingkup pekerjaan yang akan dilaksanakan Waskita meliputi persiapan, pelaksanaan, penyelesaian dan pemeliharaan pekerjaan sipil berupa perbaikan-perbaikan untuk memaksimalkan fungsi bendungan. Sementara jangka waktu pelaksanaan pekerjaan membutuhkan waktu 450 hari.

Lebih lanjut, Novianto menyampaikan, perolehan NKB Perseroan pada sejauh ini bersumber dari proyek Pemerintah sebesar 34,36 persen, BUMN dan BUMD sebesar 1,84 persen, pengembangan bisnis anak usaha 7,26 persen dan swasta 56,53 persen. 

Sementara berdasarkan segmentasi tipe proyek, NKB tersebut terdiri dari segmen konektifitas infrastruktur 76,59 persen, anak usaha 7,26 persen, gedung 5,90 persen, EPC 2,41 persen dan sumber daya air (SDA) 7,83 persen. 

"Dengan implementasi strategi 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita dan dukungan Pemerintah, Perseroan optimistis target NKB tahun ini sebesar Rp 30 triliun dapat tercapai," tutup Novianto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement