Ahad 05 Jun 2022 06:52 WIB

Jet Pribadi tanpa Sengaja Memasuki Wilayah Udara di Dekat Rumah Biden

Pelanggaran wilayah udara yang tidak disengaja sering terjadi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
 Sebuah pesawat pribadi tanpa sengaja memasuki wilayah udara terbatas di dekat kediaman Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Delaware
Foto: AP/Susan Walsh
Sebuah pesawat pribadi tanpa sengaja memasuki wilayah udara terbatas di dekat kediaman Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Delaware

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah pesawat pribadi tanpa sengaja memasuki wilayah udara terbatas di dekat kediaman Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Delaware, Sabtu (4/6). Gedung Putih dan Dinas Rahasia mengatakan, insiden ini membuat Biden dan ibu negara Jill Biden dievakuasi.

Seorang reporter CBS News mengatakan di Twitter, dia melihat Biden berada di dalam mobil menuju ke stasiun pemadam kebakaran Rehoboth Beach. Gedung Putih mengatakan, tidak ada ancaman terhadap Biden atau keluarganya dan tindakan pencegahan telah diambil. Setelah situasi dinilai aman, Biden dan istrinya kembali ke kediaman mereka di Rehoboth Beach, Delaware.

Dinas Rahasia mengatakan, pesawat pribadi itu segera dikawal dari wilayah udara terbatas, setelah tanpa sengaja memasuki area aman. Menurut penyelidikan awal, pilot yang menerbangkan pesawat pribadi itu tidak berada di saluran radio yang tepat dan tidak mengikuti panduan penerbangan yang diterbitkan.

Layaknya standar untuk perjalanan kepresidenan keluar Washington, awal pekan ini, Administrasi Penerbangan Federal menerbitkan pembatasan penerbangan sebelum Biden mengunjungi Delaware. Pembatasan termasuk zona larangan terbang radius 10 mil yang termasuk dengan zona terlarang 30 mil.

Peraturan federal mengharuskan pilot untuk memeriksa pembatasan penerbangan di sepanjang rute mereka sebelum lepas landas. Namun, pelanggaran wilayah udara yang tidak disengaja, terutama di sekitar zona terbatas sementara, sering terjadi.

Jet militer AS dan helikopter Penjaga Pantai sering digunakan untuk mencegat setiap pesawat yang melanggar pembatasan penerbangan di sekitar kediaman presiden. Pesawat yang dicegat dialihkan ke lapangan terbang terdekat. Awak pesawat telah diwawancarai oleh penegak hukum dan menghadapi kemungkinan hukuman pidana atau perdata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement