Sabtu 04 Jun 2022 23:12 WIB

Gelar Bakti Sosial, YAPI Sehatkan Anak Bangsa

Selain donor darah, YAPI mengadakan pemeriksaan kesehatan dan santunan yatim.

Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) mengadakan kegiatan donor darah, pemeriksaan kesehatan dan santunan yatim, dalam rangka HUT ke-70 YAPI.
Foto: Dok YAPI
Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) mengadakan kegiatan donor darah, pemeriksaan kesehatan dan santunan yatim, dalam rangka HUT ke-70 YAPI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Selain berkontribusi dalam dunia pendidikan, Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) juga peduli terhadap kesehatan. Dalam milad tahun ini, YAPI secara khusus mengadakan aksi bakti sosial ini.

YAPI menggandeng PMI cabang Jakarta Timur untuk mensukseskan acara ini. Acara ini berhasil mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Tidak sedikit yang mengungkapkan rasa senangnya setelahnya. 

Tentunya kegiatan donor darah merupakan merupakan wujud kepedulian YAPI terhadap sesama yang membutuhkan. Kegiatan ini juga merupakan bentuk ajakan kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Salah satunya adalah Bapak Sayuti (70 tahun) yang juga merupakan alumni YAPI,  yang pada kali ini sudah melakukan donor darah ke-112.  “Alhamdulillah saya selalu menyempatkan diri untuk mendonorkan darah.  Kegiatan ini sekaligus beramal dan membantu sesama,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id beberapa waktu lalu. 

Selain itu, ia bisa mengatur pola hidup sehat, dan  cara makan sehat agar selalu dalam kondisi sehat baik pikiran maupun fisik. “Mungkin ada yang tidak bisa beramal dengan materi, jalan lain beramal adalah dengan mendonorkan darah karena setitik darah dapat menolong seseorang,” jelas pak Sayuti.  

Sebagai perwakilan dari PMI Jakarta, dr Endang Pratiwi mengungkapkan puji syukur atas kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh YAPI, setelah masa pandemi yang dapat dikatakan sudah berakhir. 

“Selain mendapatkan pahala karena membantu sesama, dari segi kesehatan donor darah dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel darah merah (proses baru pembentukan sel darah merah).  Sehingga,  membuat badan terasa lebih fit setelahnya, dan juga dapat memabntu mengurangi risiko mengalami penyakit jantung koroner.”

Selama masa pandemi, cadangan darah di PMI menurun hingga 20 persen. Pasien sangat tergantung pada keluarga pasien, teman dan lainnya karena ada larangan untuk berkumpul sehingga kegiatan donor darah massal ditiadakan. 

Pemeriksaan kesehatan dan santunan yatim 

YAPI  tak membatasi kegiatannya hanya dengan aksi sosial donor darah. Santunan anak yatim juga dirangkai dalam ulang tahun YAPI ke-70 dan Halal Bihalal 1443 H Keluarga Besar YAPI. Tak hanya menyantuni, YAPI berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan kesehatan anak-anak yatim, yang meliputi tinggi badan, berat badan, kondisi gigi, dan mata. 

Dr Intan Syahnaz L dan dr  Cut Aigia hadir untuk melakukan serangkaian pemeriksaan tersebut.  “Edukasi juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk mendorong  anak dan remaja bisa tetap menjaga pola hidup yang sehat dimulai dari sedini mungkin. Hal ini dapat memberikan investasi yang baik tentunya bagi kesehatan anak-anak kita saat beranjak dewasa,” kata dr Intan Syahnaz.

Ketua Umum YAPI, Kunrat Wirasubrata mengatakan beragam acara ini terangkai karena ucapan rasa syukur mereka kepada Allah SWT atas berdirinya tempat untuk anak didik agar mendapatkan pendidikan yang baik. "Kegiatan ini juga sekaligus menyehatkan sesama dengan adanya lomba berbagai jenis olahraga dan jalan sehat,” tuturnya,

Saat jalan sehat, juga dilengkapi dengan sarana mobil ambulance milik YAPI. “Kami akan siap sedia untuk membantu para peserta jalan sehat yang mengalami gangguan kesehatan seperti kram, dehidrasi dan lainnya,” jelas dr Intan Syahnaz.

Padatnya rangkaian acara ini digelar YAPI di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakara Utara. “Semoga langkah kecil yang YAPI lakukan ini, dapat memiliki manfaat besar terhadap sesama dan kegiatan sosial donor darah serta santunan ini akan menjadi salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) rutin dari YAPI,” ujar Much  Sidik Sabri selaku  ketua pelaksana acara.

Dunia pendidikan

Selama 70 tahun, YAPItelah berkontribusi dalam dunia pendidikan. Hingga kini YAPI telah melahirkan begitu banyak kader bangsa yang kini berkiprah dalam berbagai bidang. 

Asrama mahasiswa menjadi bukti YAPI yang selalu mengedepankan pentingnya pendidikan. Mereka telah membangun tiga asrama putra yakni Asrama Sunan Gunung Jati, Asrama Sunan Giri, Asrama Wali Songo dan satu Asrama Putri YAPI yang pembangunannya masih dalam proses. 

Bukti lainnya adalah berdirinya layanan pendidikan yang terletak di beberapa kawasan sejak tahun 1990-an, layanan pendidikan diantaranya Playgroup Sakinah, TK Islam Al Azhar 13, SD Islam Al Azhar 13, SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun, SMP Islam Al Azhar 55 (Jatimakmur-Bekasi) dan STEBank Islam Mr  Prawiranegara. 

“Tak hanya berkiprah di dunia pendidikan, YAPI juga memiliki tanggung jawab sosial lain dengan mengedepankan kepedulian kepada sesama. Ini yang menjadi misi kami untuk menggelar serangkaian kegiatan yang salah satunya adalah kegiatan sosial donor darah, santunan dan pemeriksaan anak yatim,” papar Kunrat Wirasubrata. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement