Ahad 05 Jun 2022 01:17 WIB

Pabrikan Mobil Avtovaz Rusia Kembali Produksi Mobil

Pabrik Lada Granta telah berhenti beroperasi sejak Maret karena kekurangan komponen.

Perusahaan otomotif asal Rusia Avtovaz
Foto: TASS
Perusahaan otomotif asal Rusia Avtovaz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- (ANTARA) - Produsen mobil papan atas Rusia Avtovaz mengumumkan pada Jumat (3/6/2022) akan membuka kembali pabrik di Togliatti yang memproduksi mobil Lada Granta. Pembukaan akan dimulai 8 Juni 2022.

Sebelumnya, pabrik Lada Granta telah berhenti beroperasi sejak Maret karena kekurangan komponen imbas konflik Rusia dengan Ukraina. Konflik itu membuat para pemasok komponen sulit melintasi perbatasan negara tersebut.
 
Pengoperasian pabrik pada pekan depan menjadi langkah pertama Avtovaz setelah saham perusahaan itu dijual oleh Grup Renault kepada lembaga sains di Rusia, Reuters melaporkan. Renault Global melepas 67,69 persen kepemilikan sahamnya di Avtovaz kepada NAMI (Institut Riset dan Pusat Pengembangan Mobil dan Mesin Rusia).
 
Perjanjian tersebut memberikan opsi kepada Grup Renault untuk membeli kembali kepemilikan Avtovaz. Opsi itu dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu selama enam tahun ke depan.
 
Pada bulan lalu, Renault telah menangguhkan beberapa operasi di pabrik perakitan mobilnya di Rusia karena kendala logistik yang menyebabkan kekurangan komponen. Renault menjadi salah satu perusahaan Barat yang paling terekspos ke Rusia, di mana mereka menghasilkan 8 persen dari pendapatan intinya.

Baca Juga

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement