Ahad 05 Jun 2022 01:08 WIB

5 Minuman Sehat yang Bisa Lancarkan Pencernaan

Jika tidak nyaman setelah makan, kemungkinan makanan tidak tercerna dengan baik.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Teh jahe (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Teh jahe (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Jika Anda merasa tidak nyaman atau mual setelah makan siang atau pesta yang berat, kemungkinan besar makanan Anda tidak tercerna dengan baik. Untuk membantu tubuh memecah makanan dengan benar, Anda perlu menyertakan beberapa minuman pencernaan yang sehat dalam diet Anda.

Dilansir dari newsbytesapp pada Jumat (3/6/2022), minuman ini tidak hanya meningkatkan pencernaan tetapi juga menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat.

Baca Juga

Berikut lima minuman yang bisa Anda konsumsi yaitu:

1. Teh Jahe

Jahe sangat efektif dalam memperkuat sistem pencernaan Anda dan mencegah masalah pencernaan seperti mulas, sakit perut dan keasaman. Akar jahe merangsang aliran air liur dan produksi empedu dan jus lambung yang membantu memecah makanan yang Anda makan dan meningkatkan pencernaan. Anda bisa minum teh jahe hangat dengan madu saat perut kosong di pagi hari.

2. Teh chamomile

Dikemas dengan sifat antispasmodik dan anti-inflamasi, teh chamomile membantu pencernaan yang tepat. Teh ini mengurangi kejang tubuh, terutama di usus dan perut yang membantu meringankan gas perut dan sakit perut yang terkait dengannya.

Teh chamomile juga bisa mencegah sembelit dengan menenangkan otot-otot usus dan mempercepat waktu antara waktu makan dan buang air besar. Anda dapat mengkonsumsi satu cangkir teh chamomile setiap hari.

3. Minuman Biji Chia

Mengandung serat, biji chia bermanfaat untuk sistem pencernaan Anda. Biji chia bertindak sebagai prebiotik yang hebat dan membantu perut Anda menghasilkan bakteri baik dan memastikan berfungsinya saluran pencernaan Anda secara efektif.

Biji ini mudah dicerna dan memungkinkan tubuh Anda memanfaatkan nutrisinya dengan baik. Rendam biji chia dalam air dan konsumsi saat perut kosong.

4. Kombucha

Kombucha pada dasarnya adalah minuman manis dan asam bersoda yang dibuat dengan teh, ragi yang difermentasi, dan bakteri. Kaya akan probiotik esensial, minuman menyegarkan ini membantu fungsi usus Anda secara efektif dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kombucha membantu meningkatkan fungsi pencernaan Anda, mengurangi peradangan dan mengatur pergerakan usus Anda. Anda bisa mengkonsumsi minuman ini sebelum atau sesudah makan untuk kesehatan pencernaan.

5. Air Kelapa

Air kelapa membantu menjaga sistem pencernaan Anda dan mencegah kembung. Air kelapa memiliki nutrisi penting. Minuman ini mengandung elektrolit klorida, magnesium, elektrolit, kalium, protein dan natrium dapat disajikan untuk anak-anak Anda juga untuk meningkatkan pencernaan. L-arginine dalam air kelapa membantu ginjal Anda untuk menghilangkan racun berbahaya dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement