Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Wapres Lepas Jamaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya

Sabtu 04 Jun 2022 09:41 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden Ma

Foto: Fauziah Mursid
Seluruh calon jamaah haji kloter 1 dinyatakan sehat dan negatif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Mekkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6/2022). Kloter pertama yang diberangkatkan dari Surabaya ini terdiri dari 445 calon jamaah haji asal Tuban, Jawa Timur dan empat petugas haji dengan rincian jamaah wanita 247 orang, jamaah laki-laki 202 orang.

Dalam pelepasan ini, Wapres didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali. Kloter pertama embarkasi Surabaya ini akan diterbangkan menggunakan maskapai Saudi Arabia (Saudia) Airlines SV5141 pukul 08.30 WIB melalui Bandara Juanda, Ahad (4/6/2022).

Baca Juga

"Umumnya dari Tuban ada juga bagian dari Bojonegoro. Ini untuk pertama kali setelah dua tahun mereka, kita semua, tidak ada pemberangkatan karena adanya Covid-19," ujar Wapres di Bandara Juanda, Sabtu (4/6).

Wapres berharap para calon jamaah haji senantiasa menjaga kesehatan sebelum keberangkatan maupun selama di Tanah Suci. Sebab, pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir. "Kita harapkan para jamaah disana pertama menjaga kesehatan karena Covid-19 belum hilang," ujarnya.

Wapres juga berpesan agar jamaah menjaga kondisi badan mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini menjelang musim panas. "Saya tadi sampaikan supaya juga menjaga kesehatan dari sengatan panas sebab disana cuacanya agak panas dan juga menjalankan ibadah dengan baik. Saya harap jamaah haji kita kembali ke Tanah Air dengan selamat sehat dan mendapatkan haji yang mabrur," ujarnya.

Selain itu, Kiai Ma’ruf juga berpesan kepada petugas haji tahun ini agar melayani jamaah baik sebagai pebimbingnya atau pelayanan kesehatan. "Semua menjalankan dengan baik sehingga jamaah kita bisa terlayani dengan baik di Tanah Suci. Semua pelayanan kita ditingkatkan," tegasnya.

Embarkasi Surabaya direncanakan bakal memberangkatkan sebanyak 38 kloter dengan total jamaah 16.967.  Yakni, sebanyak 16.087 jamaah dari Jawa Timur, 318 dari Bali, 291 dari NTT, 119 dari Palembang, dan 152 petugas. Kloter terakhir direncanakan berangkat pada 2 Juli 2022.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya Husnul Maram menyebut jamaah dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19 dan telah masuk Asrama Haji Sukolilo terlebih dahulu. "Untuk kloter 1 dari Kabupaten Tuban ada 446 jamaah. Insya Allah dalam keadaan sehat walafiat, lahir dan batin," ujar Husnul saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (3/6/2022).

Pemeriksaan kesehatan jamaah ini disebut telah dilakukan sejak keberangkatan dari daerah masing-masing. Ia juga menyampaikan jamaah Embarkasi Surabaya dipastikan telah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap, bahkan untuk booster. Vaksin meningitis pun tidak ketinggalan telah terpenuhi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA