Sabtu 04 Jun 2022 08:45 WIB

Van Gaal Klaim Sukses Menyesuaikan Permainan Ketika Belanda Tekuk Belgia 4-1

Ini jadi kekalahan mengejutkan bagi Belgia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Striker Timnas Belgia, Leandro Trossard (tengah), dikepung pemain Belanda saat kedua tim bertarung di pertandingan pembuka penyisihan Grup D4 UEFA Nations League di Stadion Raja Boudoin, Brussel, pada Sabtu (4/6) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Stephanie Lecocq
Striker Timnas Belgia, Leandro Trossard (tengah), dikepung pemain Belanda saat kedua tim bertarung di pertandingan pembuka penyisihan Grup D4 UEFA Nations League di Stadion Raja Boudoin, Brussel, pada Sabtu (4/6) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Belanda sukses mengawali pertandingan pembuka Grup D4 UEFA Nations League melawan Belgia dengan kemenangan 4-1 di Stadion Raja Boudoin, Brussels, Belgia Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB. Empat gol yang bersarang ke gawang Belgia dilesakkan oleh Steven Bergwijn, dua gol Memphis Depay dan satu gol tambahan dari Denzel Dumfries. Adapun satu gol tuan rumah dilesakkan oleh Micht Batshuayi.

Pelatih Belanda Louis Van Gaal mengatakan, ia berhasil menyesuaikan permainan melawan tim kuat Belgia. Ia memilih pemain yang tepat untuk melayani kualitas permainan lawan yang diisi oleh pemain-pemain kelas wahid saat ini.

Baca Juga

“Saya menyesuaikan lini tengah saya. Dan lini tengah saya memenangkan pertandingan hari ini,” ujar Van Gaal usai pertandingan dikutip dari laman resmi UEFA.

Ia mengungkapkan ada banyak perubahan terhadap sikap pemain antara 20 tahun lalu dengan sekarang. Dulu ketika seorang pemain tak dimainkan maka mereka tidak berlatih dan tak mengurus dirinya sendiri. Sekarang mereka tetap berlatih dan menjaga diri. Oleh karena itu menurutnya seorang pemain tak harus selalu bermain.

Ia menegaskan pemain hanya perlu berlatih dan menjaga dirinya. Jika mereka melakukan apa yang seharusnya dilakukan maka di setiap posisi akan memiliki satu pemain cadangan ketika pertandingan. Hal tersebut akan bermanfaat untuk strategi menghadapi setiap lawan yang berbeda.

Bek Belanda Daley Blind menambahkan para pemain membutuhkan beberapa menit untuk menemukan bentuk permainan sendiri. Perlahan Belanda mengambil kendali dan mendominasi permainan. Menurutnya kecepatan tak selalu dibutuhkan untuk mencapai kedalaman permainan.

"Kami lebih sering berdiskusi. Apakah kami bermain dalam sistem ofensif atau defensif? Terkadang kami bermain dengan lima pemain di belakang, terkadang dengan tiga pemain, tetapi kami semua tahu apa yang harus dilakukan. Itulah yang membuat kami meraih kemenangan besar hari ini,” kata Blind.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement