Sabtu 04 Jun 2022 06:22 WIB

AS Impor Susu Formula, tapi Baru Mulai Tersedia Juli

Kekurangan susu berdampak pada banyak keluarga di AS.

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih
Bayi dan susu formula
Foto: guardian.co.uk
Bayi dan susu formula

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amerika Serikat (AS) mengimpor susu formula bayi dari Meksiko. Namun masyarakat masih harus menunggu hingga Juli untuk mendapatkannya. Kekurangan susu formula bayi telah berdampak pada banyak keluarga di seluruh AS.

Dalam pembaruannya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan sekitar 1,3 juta kaleng susu formula bayi Gerber Good Start Gentle akan diimpor dari Meksiko ke AS. Pengiriman dilakukan hampir 33 juta kemasan, delapan ons ukuran penuh atau 2,2 juta pon.

Baca Juga

Pasokan itu diharapkan akan tersedia dari Nestlé di situs web pembelian Gerber serta pengecer utama, mulai Juli, lalu diperpanjang hingga Oktober. FDA menerapkan kebijakan penegakan untuk impor Gerber Good Start Gentle dari Nestlé (Meksiko) setelah meninjau info yang diberikan.

“Hal itu berkaitan dengan kecukupan nutrisi dan keamanan termasuk pengujian, pelabelan, dan produksi fasilitas [dan] riwayat inspeksi," tulis agensi tersebut di Twitter, seperti dikutip dari Fox News, Sabtu (4/6/2022).

FDA mengatakan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) sedang mengevaluasi opsi untuk mengirimkan produk ke AS secepat mungkin di tengah kekurangan susu formula bayi secara nasional. FDA disebut akan terus mendedikasikan semua sumber daya yang tersedia untuk membantu memastikan bahwa produk susu formula bayi aman dan bergizi tetap tersedia.

Pasokan bisa digunakan di AS dan FDA berjanji akan terus memberi tahu publik tentang perkembangan terbaru. Saat ini diskusi dengan produsen dan pemasok masih dilakukan lebih lanjut.

FDA mengharapkan bahwa langkah-langkah yang diambil, dan potensi fasilitas Abbott Nutrition's Sturgis, Michigan, untuk melanjutkan produksi dengan aman dalam waktu dekat, akan berarti menyumbang banyak pasokan.

Perusahaan global yang membuat susu formula bayi membawa produknya ke AS setelah FDA melonggarkan kebijakan impor untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengumuman impor datang setelah regulator mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan untuk mengizinkan Abbott Nutrition memulai kembali pabriknya di Michigan. Pabrik telah ditutup sejak Februari karena masalah kontaminasi.

Sejak itu, pihak Presiden AS Joe Biden melakukan pengiriman tambahan dari luar negeri, dengan lebih banyak pesanan awal pekan ini. Biden mengatakan bahwa dia tidak mengetahui tingkat keparahan kekurangan susu formula bayi secara nasional hingga April.

Inspektur Jenderal HHS mengatakan bahwa mereka juga hendak mengaudit keputusan FDA dalam melakukan penutupan pabrik Abbott.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement