Sabtu 04 Jun 2022 06:12 WIB

Jelang Formula E, Sandi Malah Buat Status Dampak Ekonomi MotoGP

Kemenparekraf mendapat informasi 14 ribu tiket balapan Formula E dibeli wisman.

Rep: Erik PP/Deddy Darmawan Nasution/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.
Foto: istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan Formula E di Jakarta resmi diadakan di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (4/6/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno juga memastikan ikut hadir di lokasi menyaksikan balapan mobil listrik pertama di Indonesia.

Sayangnya, Sandi yang pernah berjanji untuk berhenti sementara di media sosial (medsos) malah tidak pernah mengunggah konten Formula E. Baru h-1 atau pada Jumat (3/6/2022), ia menyinggung sedikit tentang pelaksanaan Formula E yang digawangi oleh Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan.

Padahal, selama ini, banyak pihak menagih kontribusi Sandi untuk mempromosikan ajang balapan mobil listrik seri ke-sembilan tersebut. Hal itu lantaran Formula E juga mengundang turis asing dan lokal berwisata dengan mengunjungi kawasan Ancol.

Baca: Tanam 40 Ribu Bibit Bakau, Sandi Dukung Konsep Pariwisata Berkelanjutan

Terbaru, Sandi malah membuat status dampak ekonomi yang ditimbulkan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada medio Maret 2022. Kami baru saja melakukan evaluasi dampak ekonomi yang terasa dari perhelatan MotoGP Mandalika pada bulan Maret lalu," katanya melalui akun Twitter @sandiuno dikutip Republika di Jakarta, Sabtu.

Dari poster yang dibagikan Sandi, ajang MotoGP Mandalika 2022 sukses besar lantaran menghasilkan nilai tambahan Rp 4,5 triliun bagi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi NTB pada triwulan 1 2022 sebesar 7,76 persen yang di atas nasional sebesar 5,01 persen.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras bersama, ajang MotoGP berhasil membangkitkan ekonomi para pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menghasilkan nilai tambah ekonomi sebesar 4,5 triliun rupiah!" kata mantan wakil gubernur DKI itu.

Kemenparekraf juga mencatat, pengunjung yang datang ke NTB naik secara signifikan. Sebanyak 94,81 persen pengunjung naik angkutan udara dan 74,91 persen pengunjung naik angkutan lain. Dia berharap, suksesnya perhelatan MotoGP dapat memberikan semangat dalam menyambut Formula E di Jakarta.

Baca: Salah Buat Status, Mesut Ozil Sebut Sandiaga Gubernur Tangerang

Pihaknya melihat dari satu kegiatan MotoGP efeknya begitu luar biasa. Hal itu karena bisa dianggap membangkitkan ekonomi Indonesia, khususnya NTB dan sekitarnya. Peluang usaha dan lapangan kerja benar-benar tercipta!

"Insya Allah, ajang Formula E besok di Jakarta juga akan berdampak luas untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sukses dan lancar untuk perhelatannya. Sampai jumpa di Ancol!" kata Sandi.

Dia melanjutkan, Kemenparekraf juga sedang melakukan perhitungan terkait dampak langsung perhelatan Formula E di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurut dia, Kemenparekraf sudah fasilitasi dan dukungan berupa perizinan dan surat fasilitasi dalam mengurus beberapa kelengkapannya penyelenggaraan.

"Kami mendapatkan informasi lebih dari 14 ribu tiket sudah habis terjual kepada wisatawan mancanegara (wisman), kita sedang mengumpulkan data-data terakhir dari panitia penyelenggara. Tentunnya pemerintah pusat akan mendukung karena ini bagian dari pada kebangkitan ekonomi dan kepulihan sektor ekonomi yang berbasis kegiatan wisata berbasis olahraga atau sport tourism," kata Sandi.

Baca: Jurnalis Inggris Simon Patterson Sedih Tribun Sirkuit Mandalika Kosong Penonton

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement