Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

H-1, Jokowi dan Sandi Konfirmasi Menonton Formula E di Sirkuit Ancol

Sabtu 04 Jun 2022 00:10 WIB

Rep: Erik PP/Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra

Mobil Clerk of The Course (COC) menjajal lintasan (shakedown) di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Mobil Clerk of The Course (COC) menjajal lintasan (shakedown) di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Panitia menyiapkan tempat khusus untuk Presiden Jokowi menonton Jakarta E-Prix.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dipastikan hadir menyaksikan balapan Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Keduanya mengonfirmasi hadir pada h-1 atau satu hari menjelang pelaksanaan balapan dimulai.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan, RI 1 dijadwalkan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik pertama di Indonesia tersebut. "Insya Allah Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ujar Heru dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (3/6/2022) malam WIB.

Baca: Anies Bikin MotoGP Kalah Pamor Dibandingkan Formula E

Heru menjelaskan, Jokowi diagendakan melakukan grid walk di Sirkuit Ancol pada pukul 14.33 WIB. Dia menjelaskan, Jokowi melakukan kegiatan itu didampingi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo serta Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan. Adapun balapan mulai pukul 15.04 WIB, dan diperkirakan berlangsung selama sejam.

"Termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap," ucap Heru.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengonfirmasi untuk bisa hadir menyaksikan langsung perhelatan Formula E Jakarta yang diinisiasi Gubernur Anies. "Kami baru saja mendapat komunikasi dari Kantor Gubernur DKI Jakarta, bahwa kami diminta untuk hadir, kami siap mendukung perhelatan yang mudah-mudahan bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta, kita harapkan sesukses perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika," ucapnya melalui akun Twitter, @sandiuno.

Baca: Jokowi Bertemu Elon Musk yang Pakai Kaus di Kantor Space X

Sandi menuturkan, pihaknya di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah memfasilitasi dan memberikan dukungan berupa perizinan dan surat fasilitasi dalam mengurus beberapa kelengkapannya penyelenggaraan Formula E Jakarta. Hal itu sekaligus membantah jika kementerian yang dipimpinnya tidak ikut mempromosikan perhelatan yang masuk program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tersebut.

"Pemerintah pusat tentunya mendukung, karena ini bagian dari kebangkitan dan kepulihan ekonomi di sektor pariwisata berbasis olahraga," kata eks wakil gubernur DKI itu.

Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta ePrix 2022, Irawan Sucahyono menjelaskan, panitia sudah mendapatkan konfirmasi jika Jokowi hadir untuk menonton seri balapan Formula E musim ke-sembilan yang diikuti 11 tim dan 22 pembalap itu. Menurut dia, panitia penyelenggara sudah mempersiapkan skenario sejak jauh hari untuk lokasi RI 1 menonton langsung balapan mobil listrik.

"Sudah ada tempat khusus untuk presiden. Itu adalah royal hospitality. Saya tidak tahu siapa aja, tapi tentunya bersama jajarannya," kata Irawan kala ditemui di kawasan Ancol, Jumat.

Baca: Ikuti Jejak Jokowi, Giring Pakai Sarung dan Sepatu Kemah di IKN Bahas Intoleransi

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA