Jumat 03 Jun 2022 23:15 WIB

Finlandia Bangun Kuburan Nuklir Sedalam 430 Meter, Dijamin tak akan Bocor

Kuburan nuklir ada di bawah hutan es Olkiluoto.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Pembangkit listrik tenaga nuklir/PLTN (ilustrasi)
Foto: EPA/Laurent Dubrule
Pembangkit listrik tenaga nuklir/PLTN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Finlandia menciptakan kuburan nuklir pertama di dunia. Kuburan nuklir sedalam 430 meter ini berada di bawah hutan es Olkiluoto, sebuah pulau kecil di lepas pantai barat Finlandia.

Di sini, lebih dari 430 meter di bawah tanah digunakan untuk menyimpan limbah nuklir dengan aman selama 100.000 tahun tanpa ancaman kebocoran. Situs itu dinamai onkalo.

Baca Juga

Situs penyimpanan limbah nuklir permanen ini digali menjadi batuan dasar yang secara geologis tidak aktif selama miliaran tahun. Karena terletak di antara zona sesar paralel, seharusnya situs ini bebas dari gempa. 

Air bisa menyusup ke gudang dan mengangkut partikel radioaktif ke permukaan. Namun, Geologi Olkiluoto telah menutupi hal ini, berkat batuan dasar yang kaya gneiss, yang menyulitkan air untuk meresap.

Lokasi dibangunnya kuburan nuklir itu mempertimbangkan dua dari empat reaktor nuklir Finlandia, yang menghasilkan sekitar 40 persen listrik negara itu, terletak di pulau tersebut. 

Posiva, perusahaan limbah nuklir yang dibentuk oleh dua perusahaan tenaga nuklir lokal untuk memproduksi dan mengoperasikan Onkalo, mungkin mulai mengubur limbah pertama di batuan dasar Finlandia pada awal 2024 jika semuanya berjalan dengan baik selama prosedur kepatuhan dan perizinan. 

 

Kenapa energi nuklir?

Bencana perubahan iklim yang akan datang serta kekurangan energi menggarisbawahi perlunya tindakan segera untuk menjauh dari bahan bakar fosil. Namun peralihan ke sumber energi terbarukan bisa memakan waktu puluhan tahun.

Idealnya, energi nuklir disertakan sebagai salah satu sumber energi. Satu bongkahan uranium seukuran bola golf dapat memberikan energi seumur hidup bagi manusia biasa. Jumlah ini setara dengan 56 truk tangki gas alam dan 800 karung batu bara seukuran gajah.

Dilansir dari ZME Science, energi nuklir menyebabkan kematian 99,8 persen lebih sedikit daripada batubara coklat, kematian 99,7 persen lebih sedikit daripada batubara, kematian 99,6 persen lebih sedikit daripada minyak, dan kematian 97,5 persen lebih sedikit daripada gas. 

Masalahnya adalah bahwa energi nuklir memiliki reputasi negatif yang sebagian besar tidak layak di kalangan masyarakat umum. Berdasarkan statistik yang mencakup lebih dari enam dekade operasi, kemungkinan kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir sebenarnya sangat rendah dan semakin berkurang. Namun, selain biaya, masalah limbah radioaktif akan menjadi kerugian paling signifikan dari energi nuklir.

Para ahli percaya bahwa ratusan metrik ton bahan bakar nuklir tua disimpan dalam wadah penyimpanan sementara di seluruh dunia sampai kita dapat menemukan cara yang lebih baik dan lebih aman untuk membuangnya.

“Terlepas dari apakah Anda mendukung atau menentang tenaga nuklir, dan tidak peduli apa pendapat Anda tentang senjata nuklir, limbah radioaktif sudah ada di sini, dan kita harus menghadapinya,” kata Gerald Frankel, ilmuwan material di Ohio State University. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement