Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Kemenkes: Dugaan Hepatitis Akut di Indonesia Berjumlah 24 Pasien

Jumat 03 Jun 2022 21:22 WIB

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi hepatitis akut. Kementerian Kesehatan RI melaporkan jumlah dugaan kasus Hepatitis akut misterius pada anak di bawah usia 16 tahun di Indonesia hingga Kamis (2/6/2022) pukul 16.00 WIB berjumlah 24 pasien.

Ilustrasi hepatitis akut. Kementerian Kesehatan RI melaporkan jumlah dugaan kasus Hepatitis akut misterius pada anak di bawah usia 16 tahun di Indonesia hingga Kamis (2/6/2022) pukul 16.00 WIB berjumlah 24 pasien.

Foto: Republika.
Dari 24 pasien tersebut, tujuh berkriteria probable, dan 17 pending classification.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan RI melaporkan jumlah dugaan kasus Hepatitis akut misterius pada anak di bawah usia 16 tahun di Indonesia hingga Kamis (2/6/2022) pukul 16.00 WIB berjumlah 24 pasien. Dari 24 pasien tersebut, tujuh berkriteria probable, 17 pending classification, dan nol epi-linked.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengatakan, sebanyak tujuh pasien di antaranya dilaporkan meninggal dunia terdiri atas tiga probable, dan empat pending classification. "Yang masih dirawat berjumlah 13 pasien terdiri atas tiga probable, sepuluh pending classification," katanya melalui pernyataan tertulis yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga

Sedangkan angka kesembuhan pasien hingga saat ini berjumlah empat orang yang terdiri atas satu probable dan toga pending classification. "Seluruhnya telah dipulangkan," katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizatio/WHO) telah memberikan panduan terkait definisi kasus Hepatitis akut misterius pada anak. Discarded, yakni virus hepatitis A, B, C, D dan E terdeteksi atau muncul etiologi lain yang terdeteksi. 

Definisi kasus lainnya adalah pending classification, karena sedang menunggu hasil laboratorium untuk hepatitis A-E. SGOT/SGPT (radang hati) di atas 500 IU/L, pasien berusia di bawah 16 tahun.

Selanjutnya definisi Epi-linked, yakni virus non-hepatitis A-E, segala usia, atau kontak erat dengan kasus probable sejak 1 Oktober 2021. Definisi yang paling mendekati hepatitis akut misterius saat ini adalah probable yang dibuktikan dengan hasil laboratorium non-hepatitis A-E, SGOT/SGPT di atas 500 IU/L, usia di bawah 16 tahun dan kasus terjadi sejak 1 Oktober 2021.

Untuk definisi kasus konfirmasi hingga kini sedang diteliti oleh para pakar kesehatan. Namun, mayoritas temuan kasus di sejumlah negara mengarah pada hipotesa Adenovirus yang menjadi penyebab batuk dan pilek.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA