Jumat 03 Jun 2022 19:51 WIB

Gubernur Sugianto Ajak Pengusaha Sejahterakan Masyarakat Sekitar Perkebunan

Perkebunan yang luas dan besar belum berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat

 Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan para bupati wilayah barat.
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan para bupati wilayah barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Menyikapi kisruh antara pihak perkebunan dengan warga terkait plasma beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan para bupati wilayah barat.  

Ratas dihadiri langsung Bupati Kotawaringin Timur, Bupati Seruyan, Bupati Lamandau, Bupati Sukamara dan Pj Bupati Kotawaringin Barat. Rapat digelar di Hotel Brits Pangkalan Bun, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga

Usai pimpin Ratas Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyampaikan pernyataan pers kepada sejumlah awak media. Sugianto menyebut tujuan dari ratas tersebut adalah untuk mengawinkan kesepahaman dengan kepala daerah khususnya wilayah barat, terkait kewajiban perusahaan perkebunan untuk konsisten dan berkomitmen dalam menyediakan plasma (kewajiban perusahaan perkebunan memfasilitasi pembangunan perkebunan bagi masyarakat).

“Kami menanggapi isu-isu yang terjadi di masyarakat, dengan jumlah kurang lebih 2 juta hektare (ha) kebun di Kalteng, masyarakat kita masih banyak yang kesusahan, ini artinya kebun di Kalteng belum signifikan meningkatkan  kesejahteraan masyarakat, salah satunya dikarenakan kewajiban tentang plasma tersebut belum optimal,” ucap Sugianto, dalam siaran persnya.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan para bupati wilayah barat. - (Pemprov Kalteng)

Lebih lanjut Gubernur Sugianto mengatakan bahwa hasil rapat bersama bupati di wilayah  barat, pihaknya sepakat akan membentuk satgas secara terpadu dari berbagai unsur. “Kami sepakat akan membentuk satgas terpadu yang terdiri dari berbagai unsur untuk mengaudit kebun-kebun besar, bukan mencari kesalahan, tapi kita ingin menempatkan pada rel yang benar, agar hak masyarakat terkait plasma dipenuhi 20 persen dari luasan diperuntukan bagi masyarakat di sekitar kebun,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah akan melakukan upaya pengecekan secara terpadu. Apabila ada ditemukan yang melanggar hukum, akan ditindak tegas. Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga mengungkapkan mendukung kebijakan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar melakukan audit terhadap semua perusahaan yang mengelola hasil kelapa sawit.

“Kami mendukung kebijakan dari Presiden Joko Widodo dan Menko Marves Luhut Binsar supaya mengaudit kebun-kebun di Indonesia khususnya di Kalteng. Sekali lagi kita  merapikan, bukan mencari kesalahan pengusaha. Hal terpenting adalah agar para investor turut serta berkontribusi bersama-sama dalam menjaga dan membangun negara, terlebih kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dimana mereka berusaha,” tegasnya.

Sugianto mengajak para pengusaha di Kalteng berkontribusi membantu masyarakat Kalteng terutama bagi masyarakat yang berada di sekitar perkebunan setempat. “Perkebunan yang begitu luas dan besar belum berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakat, ketersediaan lapangan kerja dan peningkatan PAD,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement