Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

AP I Siap Layani 46 Ribu Calon Jamaah Haji

Jumat 03 Jun 2022 17:52 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha

Calon penumpang membawa barangnya berjalan menuju ke ruang keberangkatan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (27/4/2022). PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memastikan siap melayani penerbangan Haji 2022.

Calon penumpang membawa barangnya berjalan menuju ke ruang keberangkatan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (27/4/2022). PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memastikan siap melayani penerbangan Haji 2022.

Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Pada musim tahun ini, enam bandara AP I menjadi embarkasi dan debarkasi haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memastikan siap melayani penerbangan Haji 2022. Pada musim haji tahun ini, enam bandara AP I yakni Adi Soemarmo Solo (SOC), Bandara Juanda Surabaya (SUB), Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG), Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN), Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (BDJ), dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok (LOP) akan menjadi embarkasi dan debarkasi. 

“Angkasa Pura I memprediksi akan melayani hingga 46.881 calon jemaah haji selama periode haji 2022 yang berlangsung mulai 4 Juni hingga 13 Agustus 2022,” kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (3/6/2022). 

Baca Juga

Meskipun sudah dua tahun tidak melayani penerbangan haji akibat pandemi Covid-19, Faik memastikan keenam bandara yang dikelola oleh AP I siap untuk kembali melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi calon jamaah haji 2022. Dia menegaskan, AP I bersama seluruh stakeholders terkait berkomitmen untuk mendukung kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan embarkasi dan debarkasi haji 2022 di enam bandara yang dikelola. 

“Kami mengedepankan prinsip safety, security, services dan compliance termasuk juga pada penerapan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Faik. 

Dia menambahkan, penerbangan embarkasi dan debarkasi calon jemaah haji di bandara AP I akan dilayani oleh dua maskapai. Kedua maskapai tersebut yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines.

Garuda Indonesia akan melayani embarkasi dan debarkasi haji di Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Garuda akan menggunakan dua jenis pesawat yaitu Airbus A330-300 dengan kapasitas 360 penumpang dan Boeing B-777 dengan kapasitas 393 penumpang. 

Sedangkan untuk Saudi Arabia Airlines akan melayani  akan melayani embarkasi dan debarkasi haji di Bandara Juanda Surabaya. Saudi Arabia Airlines akan menggunakan jenis pesawat Boeing B747-400 dengan kapasitas 450 penumpang. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA