Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Wali Kota Bandung Gelar Doa Bersama untuk Eril

Jumat 03 Jun 2022 17:08 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama jajaran di lingkungan pemerintah Kota Bandung menggelar doa bersama atas meninggalnya Emmeril Khan Mumtaz yang akrab disapa Eril anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung, Jumat (3/6/2022).

Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama jajaran di lingkungan pemerintah Kota Bandung menggelar doa bersama atas meninggalnya Emmeril Khan Mumtaz yang akrab disapa Eril anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung, Jumat (3/6/2022).

Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Doa bersama tersebut digelar di Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Yana Mulyana menggelar doa bersama untuk Emmeril Khan Mumtaz atau kang Eril anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meninggal dunia saat berenang di Sungai Aare, Swiss Kamis (26/5/2022) lalu. Kegiatan doa bersama tersebut digelar di Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung.

Turut hadir dalam acara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna, para kepala dinas, para camat dan lurah. Sebelumnya, Wali Kota Bandung bersama jajaran telah melaksanakan sholat ghaib seusai sholat Ashar.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Yana Mulyana bersama jajaran di lingkungan Pemkot Bandung mengaku turut berduka cita atas musibah yang menimpa Eril. Ia pun mendoakan agar amal ibadah almarhum Eril diterima oleh Allah Swt.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, innalillahi wa innailaihi rojiun, innalillahi wa innailaihi rojiun telah dinyatakan meninggal oleh keluarga saudara Emmeril Khan Mumtaz bin Mochamad Ridwan Kamil. Tentu kami atas nama pemerintah Kota Bandung mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya," ujarnya saat memberikan sambutan di hadapan para jamaah, Jumat (3/6/2022).

Yana pun mengucapkan rasa terima kasih kepada para jamaah yang hadir dalam berdoa bersama termasuk melaksanakan sholat ghaib. Ia pun mendoakan agar amal ibadah almarhum diterima Allah Swt.

"Almarhum diterima iman islam, dimaafkan segala dosa dan Insya Allah diterangkan jalan menuju surga dan kita juga selalu mendoakan semoga keluarga Bapak Ridwan Kamil, ibu Atalia Praratya bisa menerima musibah ini dengan kesabaran dengan tawakal dan keihlasan bahwa ini qodarullah atau takdir dari Allah Swt," katanya.

Sebelumnya, keluarga Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan kalau putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang tenggelam di Sungai Aare Swiss, Kamis (26/5/2022) dinyatakan telah meninggal dunia atau wafat. "Innalillahi Wainnailahi Rajiun, Kulu nafsin daikotul maut, setiap mahluk yang hidup akan mengalami kematian," ujar Kakak Kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman kepada wartawan, di Gedung Pakuan, Jumat (3/5/2022).

Dari sisi keluarga, menurut Erwin, pihaknya sudah menyimak mengevaluasi seluruh proses secara mandiri. Secara ikhtiar, sudah maksimal berdasarkan kondisi yang ada. "Sekarang pemerintah Swiss sudah melakukan pencarian spesifik yakni mencari jenazah," katanya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) pun membuat surat edaran, menyerukan pada semua masyarakat agar menggelar sholat ghaib untuk Eril yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022). Surat edaran MUI Jabar tersebut, dibuat pada 2 Juni 2022 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum MUI Jabar, Rahmat Syafei dan Sekretaris Umum Rafani Achyar.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA