Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Sudah Empat Pemain Tinggalkan MU, Revolusi Ten Hag Dimulai?

Jumat 03 Jun 2022 16:44 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar

Erik ten Hag

Erik ten Hag

Foto: AP/Peter Dejong
Kepergian Mata memang karena kontraknya yang habis akhir musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Juan Mata jadi pemain terbaru Manchester United yang meninggalkan Old Trafford. Kepergian Mata memang karena kontraknya yang habis akhir musim ini.

Pemain berusia 34 tahun itu bergabung ke MU pada Januari 2014, dengan total 285 penampilan. Ia telah mencetak 51 gol dan memenangkan empat trofi. Namun, sebelum kepergian pemain asal Spanyol itu, MU juga mengumumkan kepergian dua pemain topnya, Paul Pogba dan Jesse Lingard.

Kedua gelandang itu juga dilepas MU setelah tak ada perpanjangan kontrak terhadap dua pemain jebolan akademi klub tersebut. Kedua pemain, yang juga sahabat tersebut, telah membantu Iblis Merah memenangkan sejumlah trofi.

Kepergian Lingard mengakhiri kebersamaan 20 tahun dengan klub, setelah membela Iblis Merah saat masih tim tim U-9 pada 2001. Pemain berusia 29 tahun itu sudah tampil sebanyak 232 pertandingan.

''Dalam beberapa pekan terakhir, saya sangat emosional meninggalkan klub yang sudah seperti keluarga. Setelah 22 tahun, saya punya banyak momen dan kenangan spesial yang akan saya ingat selamatnya,'' ucap Lingard, dikutip dari laman resmi MU, Jumat (3/6).

Sementara Pogba, pergi dari Old Trafford setelah kontraknya berakhir. Ia kembali ke MU setelah dibeli dengan harga yang memecahkan bursa transfer pada 2016. Pogba diorbitkan oleh Sir Alex Ferguson, dan pergi untuk bergabung ke Juventus pada 2012.

Setelah sukses di Turin, pemain internasional Prancis itu kembali ke MU. ''Banyak momen dan kenangan indah, tapi yang paling penting dukungan tanpa syarat dari fan,'' kata Pogba.

Pemain pertama yang mengumumkan hengkang dari MU adalah Nemanja Matic. Berbeda dengan Mata, Pogba, dan Lingard, Matic pergi setelah kontraknya diputus dengan kesepakatan bersama.

Kontrak pemain gelandang itu semestinya baru habis pada tahun depan. Kepergian empat pemain ini diprediksi bukan yang terakhir kali.

Sebab ada Edinson Cavani yang disebut-sebut tidak akan dipertahankan oleh manajer baru MU, Erik ten Hag, serta ada bek kanan Aaron Wan-Bissaka yang dikabarkan sedang dilego di bursa transfer.

Aksi bersih-bersih skuad ini dinilai menjadi langkah awal revolusi yang dilakukan Erik ten Hag, setelah resmi menggantikan Ralf Rangnick sebagai manajer interim.

Ten Hag bahkan dikabarkan sudah memberikan daftar pemain yang perlu dibeli United, untuk bisa membayar kegagalan tim musim ini untuk mendapatkan trofi maupun lolos ke Liga Champions.

Meski demikian, sampai saat ini, belum ada pemain yang dikonfirmasi resmi digaet oleh United.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA