Jumat 03 Jun 2022 12:35 WIB

Kecerdasan Buatan Bisa Menilai Kesehatan Terumbu Karang dari Suara

Kecerdasan buatan mampu membedakan terumbu karang yang baik dan yang sakit.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Terumbu karang Great Barrier Reef di Australia memutih dan kehilangan penutupnya akibat badai, perubahan iklim dan ledakan populasi bintang laut berduri
Foto: REUTERS
Terumbu karang Great Barrier Reef di Australia memutih dan kehilangan penutupnya akibat badai, perubahan iklim dan ledakan populasi bintang laut berduri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menggunakan kecerdasan buatan untuk mencoba mendengarkan suara terumbu karang. Suara itu digunakan untuk menilai kesehatan ekosistem terumbu karang secara umum. 

Ben Williams dan rekan-rekannya dari Universitas Exeter College of Life and Environmental Sciences melatih kecerdasan buatan untuk mendengarkan rekaman audio sistem terumbu karang. Mereka menilai terumbu karang itu sehat atau tidak hanya berdasarkan suaranya. 

Baca Juga

Para peneliti melaporkan temuan mereka dalam jurnal Ecological Indicators. 

“Kami mendengar suara udang pecah di mana-mana, seperti bunyi api unggun di latar belakang,” kata Williams. 

“Di terumbu karang yang tumbuh subur, akan ada banyak suara ikan. Mereka membuat segala macam teriakan dan gerutuan. Kadang-kadang mereka bahkan membuat paduan suara, Anda akan mendengarnya selama beberapa menit atau jam pada suatu waktu, menghasilkan suara yang sama di seluruh karang,” jelasnya, dilansir dari laman Syfy.

Semua suara tersebut menunjukkan bahwa terumbu dalam kondisi baik.

Sementara itu, banyak dari suara-suara itu memudar karena kondisi terumbu karang yang memburuk. Para ilmuwan mungkin masih mendengar suara gertakan udang, tetapi semua lapisan suara tambahan, seperti ikan yang berbicara dan berinteraksi dengan lingkungan mereka, telah menghilang.

Di masa lalu, para ilmuwan menganalisis rekaman terumbu karang secara manual, yang membutuhkan tingkat kompetensi tertentu dan banyak kesabaran. 

Kini, mereka berusaha untuk mendelegasikan sebagian dari pekerjaan itu ke komputer untuk penyelidikan ini. Uniknya, kecerdasan buatan mampu membedakan antara terumbu karang yang baik dan yang sakit hampir dengan cepat.

“Kami tidak perlu memberinya banyak rekaman. Kami memiliki waktu sekitar 150 menit dari terumbu karang kami yang sehat dan rusak, terbelah sekitar 50/50 dan hanya itu yang kami butuhkan. Kemudian kami mulai mencoba rekaman baru dan itu bisa mendapatkan akurasi sekitar 92 persen,” kata Williams.

Itu berarti peneliti mungkin menempatkan hidrofon di sekitar sistem terumbu di seluruh dunia dan mengumpulkan data selama berhari-hari atau berbulan-bulan, kemudian memberi rekaman itu ke AI untuk mendapatkan data tentang kesehatan terumbu dari waktu ke waktu.

Para ilmuwan bermaksud menggunakan metode ini untuk melacak upaya restorasi dan menentukan kapan terumbu mencapai titik kritis ketika kecerdasan buatan mengenalinya sebagai sehat. Saat ini, tidak jelas persis apa yang didengarkan sistem untuk membuat keputusan.

“Dengan kecerdasan buatan, ini seperti kotak hitam. Ia melakukan tugasnya dengan sangat baik, tetapi kita tidak selalu tahu pola apa yang telah dipelajarinya. Saat ini, ini adalah sinyal biner sehat atau tidak sehat,” kata Williams.

Para ilmuwan berencana untuk menggabungkan teknologi pendengaran buatan mereka dengan survei visual di masa depan untuk mencoba menunjukkan dengan tepat kapan dan mengapa terumbu karang bertransisi dari tidak sehat menjadi sehat atau sebaliknya. 

 

“Biasanya, ketika kami memantau, kami hanya mendapatkan gambaran waktu ketika kami berada di sana. Bonus nyata dari ini adalah kita bisa menjatuhkan hidrofon ke dalam air, menghilang, dan kembali lagi nanti. Itu memungkinkan kami untuk mendapatkan kumpulan data berkelanjutan jangka panjang,” kata Williams.

Karena air adalah media yang cocok untuk perjalanan suara, habitat laut sangat cocok untuk jenis penelitian ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement