Jumat 03 Jun 2022 08:49 WIB

Adzan Terakhir Kang Emil di Tepi Sungai Aare, Tempat Putranya Hanyut

Lantunan adzan seorang ayah semoga sampai didengar oleh sang anak.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil melantunkan adzan di tepi Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (2/6/2022).
Foto: Tangkapan layar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil melantunkan adzan di tepi Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (2/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BERN -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengumandangkan adzan terakhir sebelum kembali ke Tanah Air. Dengan mengangkat tangan kanan menyentuh kuping, Kang Emil, sapaan akrabnya, melantunkan adzan terakhir di pinggir Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (2/6/2022), tempat Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril hanyut terbawa aliran.

"Lantunan adzan seorang ayah semoga sampai didengar oleh sang anak seperti saat dulu ketika dilahirkan," demikian keterangan Instagram @rkjabarjuara yang mengunggah video dikutip Republika di Jakarta, Jumat (3/6/2022). Kang Emil memakai topi dan bersepatu putih ketika mengumandangkan adzan sebagai tanda perpisahan dengan putranya yang belum ditemukan.

Baca: Masjid Kampus UGM dan Teori Jarum Suntik Anies, Ganjar, dan Ridwan

Sejak Kamis (26/5/2022), Eril yang dilaporkan hanyut di Sungai Aare tidak kunjung ditemukan keberadaannya. Proses pencarian belum juga menunjukkan hasil konkret. Atas dasar itu, keluarga Kang Emil memutuskan Eril dinyatakan meninggal. Majelis Ulama Indonesia Jabar pun mengajak masyarakat untuk menunaikan sholat Gaib.

Selain perwakilan keluarga, sholat ditunaikan oleh seluruh pengruus MUI Jabar di Kota Bandung. Menurut Ketua Umum MUI Jabar, Rahmat Syafei, pihaknya tidak mempermasalahkan pencarian Eril masih terus dilakukan otoritas terkait di Swiss, meskipun sudah dilaksanakan sholat Gaib.

"Saya katakan kalau sudah yakin kita melakukan kewajiban adalah menyolatkan (Gaib). Meski begitu, pencarian tetap dilakukan tidak masalah, sesuai keyakinan tadi," ujar Rahmat di Kota Bandung, Kamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement