Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Mahasiswa Universitas Brawijaya Juara Nasional Islamic Law Fair

Jumat 03 Jun 2022 06:53 WIB

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) yang tergabung dalam tim Ja

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) yang tergabung dalam tim Ja

Foto: istimewa
Terdapat kesulitan yang dihadapi tim dalam penyusunan Naskah Akademik dan RUU

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) yang tergabung dalam tim Ja'far Shadiq dan di dalamnya terdiri atas Wahyu Laksana Mahdi, Muhammad Daffa, Endrianto Bayu, Berliana Dewi dan Aura Shafa meraih juara pertama dan Best Paper dalam Islamic Law Fair (ILF). Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Kelompok Studi Hukum Islam (KSHI) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip).

Juara pertama diraih oleh Tim Ja’far Shadiq sesuai dengan ketentuan penilaian 60 persen berkas naskah legilatif drafting dan 40 persen dari presentasi. Pada lomba ini,  tim Ja'far Shadiq merumuskan judul  Rancangan Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Kekerasan Seksual.  

Baca Juga

Salah satu anggota tim Aura Shafa mengatakan, naskah akademik ini dibuat sebelum penyusunan drafting. "Ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang- undangan,” katanya.

Aura mengaku, terdapat kesulitan yang dihadapi tim dalam penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang (RUU). Mereka mengalami keterbatasan waktu serta terdapat dua versi Rancangan Undang-undang yang sebelumnya telah dibentuk yaitu RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Kedua RUU tersebut memiliki perbedaan dalam muatan subtansi yang sangat mencolok. 

Ajang ILF yang diselenggarakan oleh KSHI Fakultas Hukum Universitas Diponegoro merupakan kompetisi tahunan yang rutin dilaksanakan setiap tahunya. Selain Legislative Drafting juga terdapat kompetisi Karya Tulis Ilmiah yang diikuti oleh berbagai universitas se-Indonesia.

Selain itu, dalam Closing Ceremony ILF 2022 juga diadakan Seminar Nasional dengan tema Progresivitas Hukum terhadap Upaya Penghapusan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi.  Acara ILF 2022 ditutup dengan pengumuman juara setiap kategori kompetisi. 

Sebelumnya, delegasi Fakultas Hukum UB  dinyatakan lolos ke babak final pada 17 Mei 2022, terdapat lima tim yang lolos babak final. Tema besar ILF 2022 adalah "Progresivitas Hukum terhadap Dinamika Kekerasan Seksual dan Kesetaraan Gender di Indonesia". Tim yang lolos ke babak final kemudian melakukan presentasi Naskah Akademik dan Draft RUU pada 28 Mei 2022 melalui Zoom Meeting.

Kategori pemenang dalam Kompetisi Legislative Drafting ILF 2022, yaitu Juara 1 diperoleh oleh tim Ja'far Shadiq dari Universitas Brawijaya. Kemudian Juara 2 diperoleh oleh tim Raden Rahmat dari Universitas Gadjah Mada. Lalu Berkas Terbaik diperoleh oleh Ja'far Shadiq dari Universitas Brawijaya.

 

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA