Jumat 03 Jun 2022 05:51 WIB

Fathul Wahid Dilantik Jadi Rektor UII Periode 2022-2026

Profesor Fathul Wahid, Ph.D merupakan rektor UII dua periode.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2022-2026, Profesor Fathul Wahid, Ph.D.
Foto: Dok UII
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2022-2026, Profesor Fathul Wahid, Ph.D.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Profesor Fathul Wahid, Ph.D dilantik sebagai rektor Universitas Islam Indonesia (UII) untuk periode 2022-2026 di Auditorium KH Abdulkahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII Yogyakarta, Kamis (2/6/2022). Jabatan itu merupakan periode kedua yang diembang Wahid.

"Guru besar bidang ilmu sistem informasi UII ini kembali melanjutkan kepemimpinannya sebagai rektor UII setelah sebelumnya mengemban amanah di periode 2018-2022," kata Ketua Panitia Pelantikan Rektor dan Wakil Rektor UII Katiya Nahda di lokasi, Kamis.

Katiya mengatakan, terpilihnya kembali Prof Fathul Wahid sebagai rektor UII telah melalui tahapan pemilihan yang cukup panjang, dimulai sejak Oktober 2021. Setelah menghimpun aspirasi dari fakultas, universitas, dan senat universitas, kata dia, pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII menunjuk satu dari tiga nama yang diajukan panitia pemilihan dari proses rapat senat universitas.

"Dalam rapat senat universitas yang dihelat pada 7 Maret 2022 tersebut Prof Fathul Wahid memperoleh suara terbanyak yakni 67 suara atau 59,29 persen dari 113 jumlah suara yang sah," kata Katiya.

Sebanyak tiga nama calon rektor dengan suara terbanyak kemudian diajukan oleh panitia pemilihan ke PYBW UII. Sedangkan pada tahapan ini, Prof Fathul Wahid dipilih dan ditetapkan sebagai rektor. Setelah dilantik, kata Katiya, Rektor UII Prof Fathul Wahid kemudian melantik empat wakil rektor UII periode 2022-2026.

Yang tiga di antaranya merupakan pejabat lama, yakni Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan Karier Dr Zaenal Arifin; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni Dr Rohidin; dan Wakil Rektor Bidang Networking dan Kewirausahaan Wiryono Raharjo Ph.D. Jabatan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset diemban oleh Prof Jaka Nugraha dari sebelumnya dijabat Dr Imam Djati Widodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement