Kamis 02 Jun 2022 18:29 WIB

Ilmuwan Temukan Tamanan Terbesar di Dunia, Panjangnya 180 Km

Koloni lamun terbesar itu tersebar di seluruh Shark Bay, Australia.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Padang Lamun
Foto: Smithsonian Ocean Portal
Padang Lamun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini ilmuwan menemukan tumbuhan terbesar di dunia. Tumbuhan itu adalah koloni lamun yang panjangnya mencapai 180 Km.

Lamun merupakan tumbuhan laut yang menghasilkan bunga, buah, dan bibit setiap tahun. Lamun sering ditemukan saat Anda menyelam atau snorkeling.

Baca Juga

Lamun bentuknya menyerupai pita hijau cerah panjang dan indah yang melambai mengikuti pasang surut air. Padang lamun bawah laut ini berkembang dalam dua cara, yaitu dengan reproduksi seksual, yang membantu dalam generasi kombinasi gen baru dan variasi genetik, dan dengan memperluas rimpang mereka, yang merupakan batang bawah tanah dari mana akar dan tunas berasal.

Tes DNA diperlukan untuk menentukan berapa banyak individu tanaman yang berbeda yang tumbuh subur di padang lamun. 

Di laut dangkal bermandikan sinar matahari di Area Warisan Dunia Shark Bay di Australia Barat, ilmuwan mencoba melakukan pengujian ladang rumput laut pita yang disebut Posidonia australis.

Hasil akhirnya mengejutkan. Semuanya adalah satu tanaman. Satu koloni tunggal telah menyebar lebih dari 180 kilometer, menjadikannya 'pabrik' terbesar yang diketahui di dunia.

Dilansir dari The Conversation, ilmuwan mengambil sampel bidikan dari sepuluh padang lamun yang tersebar di seluruh Shark Bay, dalam kondisi mulai dari salinitas laut yang khas hingga hampir dua kali lebih asin. Kami melihat lebih dari 18.000 penanda genetik di semua sampel untuk memastikan bahwa 200 km padang rumput pita tumbuh dari satu bibit yang berkoloni.

Bagaimana hal itu terjadi?

Selain ukurannya yang sangat besar, yang membedakan tumbuhan lamun ini dengan yang lain adalah memiliki kromosom yang dua kali lebih banyak dari kerabatnya. Ini memenuhi syarat sebagai "poliploid".

Sebagian besar waktu, bibit lamun akan mewarisi setengah dari genom masing-masing orang tua. Disisi lain, poliploid memiliki kedua genom orang tua mereka. Banyak spesies tanaman poliploid, termasuk kentang, kanola, dan pisang, dimana mereka sering tinggal di daerah dengan kondisi lingkungan yang ekstrim.

Poliploid seringkali tidak subur, tetapi jika dibiarkan mereka dapat tumbuh tanpa batas. Itulah yang terjadi pada lamun ini.

Berapa umur tanaman ini?

Ketika permukaan laut naik mengikuti zaman es terakhir, bukit pasir Shark Bay terendam 8.500 tahun yang lalu. 

Padang lamun yang semakin meningkat menciptakan tepian dan ambang pantai yang dangkal selama ribuan tahun dengan menghasilkan dan menyerap lumpur, membuat air menjadi lebih asin.

Ada banyak cahaya di perairan Shark Bay, serta nutrisi dalam jumlah rendah dan perubahan suhu yang besar. Meskipun lingkungan yang keras, tanaman telah berhasil tumbuh dan beradaptasi.

Sulit untuk mengatakan seberapa kuno padang lamun itu, tetapi berdasarkan ukuran dan tingkat perkembangannya, ilmuwan pikir tanaman Shark Bay berusia sekitar 4.500 tahun.

Tumbuhan besar lainnya, seperti aspen berbobot 6.000 ton di Utah, telah didokumentasikan di lingkungan laut dan darat, tetapi lamun ini tampaknya menjadi yang terbesar hingga saat ini.

Lamun besar lainnya telah ditemukan, terutama Posidonia oceanica, lamun Mediterania yang mencakup lebih dari 15 km dan diperkirakan berusia 100.000 tahun.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement