Kamis 02 Jun 2022 10:38 WIB

Prasetio Edi Pimpin Paripurna Pelantikan Dua Wakil Ketua DPRD DKI

Mohamad Taufik dicopot dari wakil ketua DPRD DKI digantikan Rany Mauliani.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi saat memimpin rapat paripurna interpelasi Formula E di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2021).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi saat memimpin rapat paripurna interpelasi Formula E di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2021).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- DPRD DKI Jakarta menjadwalkan melantik dua wakil ketua yang baru pada Kamis (2/6/2022), yakni Rany Mauliani dari Fraksi Gerindra dan Khoirudin dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk sisa jabatan periode 2019-2024. Keduanya bakal mengucap sumpah melalui rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada pukul 10.00 WIB.

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi telah menerbitkan surat undangan kepada Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria serta jajaran eksekutif lain pada Selasa (31/5/2022). Rany Mauliani menjadi wakil ketua DPRD DKI menggantikan Mohamad Taufik. Adapun Khoirudin menggantikan Abdurrahman Suhaimi.

Wagub Ahmad Riza Patria yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI menjelaskan, pergantian pimpinan dewa merupakan mekanisme biasa di partai. Dia menampik adanya konflik internal di Gerindra sehingga Taufik yang merupakan politikus senior dicopot dari kursi pimpinan dewan.

Riza menyatakan, Taufik sebagai aset tetap berada di bawah partai naungan Prabowo Subianto itu. "Jangan ada spekulasi lain, Pak Taufik tetap bersama kami," kata Riza usai pengumuman pemberhentian Mohamad Taufik sebagai wakil ketua di gedung DPRD DKI, Selasa (26/4/2022).

Taufik yang sebelumnya menjabat ketua DPD Gerindra DKI bakal menjadi anggota dewan tanpa jabatan. Hanya saja, belum diketahui komisi yang akan ditempatinya untuk bertugas.

Sementara pengganti Taufik, yakni Rany Mauliani sebelumnya merupakan Komisi E sekaligus ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI. Senada dengan penggantian Taufik, Suhaimi mengatakan, posisinya yang digantikan Khoirudin merupakan hal biasa dalam partai. "Salah satunya agar ada pemerataan proses pembelajaran dan pengalaman," kata Suhaimi ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Dengan demikian, susunan pimpinan DPRD DKI hingga periode 2024 nantinya terdiri Ketua Prasetio Edi Marsudi dan empat wakil ketua, yaitu Rany Mauliani, Khoirudin, Misan Samsuri, dan Zita Anjani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement