Kamis 02 Jun 2022 01:52 WIB

BPBD Kabupaten Tangerang Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter

Empat personel butuh waktu 45 menit untuk evakuasi ular dari Desa Kadu Jaya, Curug.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Damkar Kabupaten Bogor menangkap ular sanca sepanjang empat meter dari pemukiman warga di Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/3/2022).
Foto: Istimewa
Petugas Damkar Kabupaten Bogor menangkap ular sanca sepanjang empat meter dari pemukiman warga di Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tim Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan BPBD Kabupaten Tangerang, berhasil mengevakuasi ular sanca sepanjang 3,5 meter di Kampung RT 01, RW 01, Desa Kadu Jaya, Kecamatan Curug pada Rabu (1/6/2022). Laporan adanya ular sanca yang bersembunyi di bawah tangki air tersebut, datang dari warga sekitar pukul 15.52 WIB.

"Ular berada di bawah tangki air dengan ukuran yang cukup besar, sehingga ular sangat sulit di jangkau," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu.

Munir menjelaskan, setelah menerima laporan warga ada ular, pihaknya langsung menerjunkan empat personel dari Markas Komando (Mako) Curug untuk melakukan evakuasi. "Proses evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit, karena kami terlebih dahulu mengangkat tangki air dengan alat forklif yang berada di lokasi TKP," katanya.

Meski prosesnya mengalami sedikit kendala, menurut Munir, petugas di lapangan dapat mengatasinya dengan baik dan lancar. Sehingga ular sanca tersebut bisa segera diamankan dari dalam rumah. "Ular sanca dengan panjang perkiraan 3,5 meter dan berat perkiraan 10 kilogram itu, saat ini sudah dapat diamankan petugas," ujarnya.

Dari evakuasi itu, sambung dia, ular sanca tersebut selanjutnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat untuk penanganan lebih lanjut. Munir pun mengimbau warga yang membutuhkan bantuan untuk sewaktu-waktu bisa mengontak BPBD Kabupaten Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement