Selasa 31 May 2022 10:14 WIB

8 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Secara Online

Produk kosmetik akan selalu ada pasarnya.

Industri kosmetik, selalu menjadi incaran kaum hawa. Maka, tak sedikit produk kosmetik yang menjadi kebutuhan pokok perawatan kulit dan rambut.
Foto: Universitas BSI
Industri kosmetik, selalu menjadi incaran kaum hawa. Maka, tak sedikit produk kosmetik yang menjadi kebutuhan pokok perawatan kulit dan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Perkembangan pesat dunia internet termasuk media sosial di dalamnya, membuka banyak peluang untuk berbisnis. Maka hadirlah istilah bisnis online.

Cara memulai bisnis online, bisa dipelajari oleh siapa saja, bahkan oleh pemula. Salah satu kelebihan bisnis online adalah tak terikat ruang maupun waktu, sehingga bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Sementara itu, industri kosmetik lokal Indonesia, kini tak kalah dengan para pesaingnya yang berasal dari luar negeri. Bahkan, kini bermunculan ragam produk kosmetik lokal berkualitas dengan harga yang terjangkau. Industri kosmetik, selalu menjadi incaran kaum hawa. Maka, tak sedikit produk kosmetik yang menjadi kebutuhan pokok perawatan kulit dan rambut.

Bahkan, kini kosmetik tidak lagi identik dengan dunia wanita, pria juga tak ketinggalan untuk meramaikan industri ini. Sejatinya, merawat kesehatan kulit dan rambut memang kebutuhan semua orang, tak terbatas dari gendernya.

Koordinator BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, Aprih Widayanto mengatakan, produk kosmetik akan selalu ada pasarnya. 

“Kosmestik sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Pentingnya merawat dan menjaga kesehatan kulit, menjadi hal utamanya. Terlebih saat ini, penampilan itu sangat penting karena bisa menjadi aset diri sendiri yang berharga,” katanya, dalam keterangan tertulis.

Maka tak heran, jika semua orang berlomba untuk mempercantik diri. Selain itu, menurut Aprih, pentingnya bersolek membuat seseorang bisa tampil lebih percaya diri. Hal tersebut juga menjadi peluang bagi para pemula dalam berbisnis, untuk membuka bisnis kosmetik online.

Berikut 8 tips memulai bisnis kosmetik online yang dibagikan oleh Aprih:

1. Brand

Dalam memulai bisnis kosmetik online, hal pertama dan utama yakni membuat brand. Brand akan menjadi identitas produk kosmetik yang memberi banyak manfaat bagi kelangsungan usaha.

2. Jadi reseller

Apabila belum memiliki modal yang cukup untuk memproduksi kosmetik sendiri, ada alternatif lain yang bisa dicoba, yaitu menjadi reseller. Saat ini banyak brand kosmetik ternama yang menyediakan sistem reseller.

3. Merancang bisnis

Bukan hanya bisnis kosmetik yang memerlukan business plan, tetapi semua bisnis memang sudah sepatutnya dijalankan atas dasar rencana bisnis yang tepat. Business plan bisa dianalogikan seperti peta yang akan menuntun dalam menjalankan bisnis.

4. Tentukan harga

Setiap pebisnis harus membekali diri dengan kemampuan menentukan harga yang tepat. Jika salah dalam mematok harga, maka akan berdampak pada citra dan penjualan produk.

5. Kelola keuangan

Ini juga tak kalah penting dalam menjalankan bisnis kosmetik online. Harus pandai mengelola keuangan, meskipun bisnis masih berskala kecil. Cara sederhananya adalah dengan memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan.

6. Pelayanan yang ramah

Tantangan lain dalam berbisnis kosmetik online adalah konsumen dengan berbagai karakter. Tidak jarang ada konsumen yang langsung order dan bayar saat itu juga tanpa banyak pertanyaan. Bahkan ada juga yang sedikir rewel, namun kamu harus melayaninya dengan tetap ramah agar mereka tidak kabur.

7. Jadilah pengamat

Salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha adalah mengamati keadaan. Apa saja yang harus diamati? Tentu tren pasar, wajib jadi bahan pengamatan ketika akan memulai bisnis kosmetik online.

8. Rawat media sosial

Media sosial dalam bisnis kosmetik online sangatlah penting. Bagaimana bisa mendapat order dari konsumen, jika media sosial sepi dan tidak terawat. Bisa-bisa konsumen menganggap, jika bisnisnya sudah tidak eksis lagi. Maka dari itu, harus rajin publikasi produk secara berkala dan teratur, agar konsumen tahu keberadaan usaha tersebut.

Itulah 8 tips memulai bisnis kosmetik online dari Aprih. Cara-cara di atas bisa membantu kamu dalam memulai dan mengembangkan bisnis kosmetik secara online agar cepat dikenal dan sukses.

Sebagai informasi, BEC sendiri merupakan lembaga yang ada di Universitas BSI, konsisten melatih para mahasiswanya, untuk menjadi pengusaha sukses. Selain itu, BEC juga sudah banyak mencetak pengusaha muda dan tak jarang alumni Universitas BSI juga sudah sukses menjadi pengusaha.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement