Rabu 01 Jun 2022 05:05 WIB

Petebu Lampung Nilai Ganjar Berpihak pada Petani

Petani Tebu Lampung deklarasi dukung Ganjar maju sebagai Capres.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan petani perwakilan dari 15 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam petani tebu bersatu (Petebu) Lampung menilai kebijakan Ganjar Pranowo berpihak kepada sektor pertanian khususnya petani Tebu. Mereka mendukung Gubernur Jawa Tengah itu untuk maju sebagai capres di 2024.

"Pak Ganjar, beliau peduli petani rakyat, peduli petani Tebu. Beliau berpihak pada petani, kepada pertanian dan juga juga merakyat," kata Ketua Deklarator Petebu Lampung, Lukman Tuan Kumala Sakti dalam keterangan, Selasa (31/5).

Baca Juga

Petebu Lampung kemudian mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden 2024. Dia menjelaskan, dukungan diberikan karena Ganjar memiliki berkomitmen untuk memajukan petani Tebu di Indonesia.

Lukman menilai, kebijakan Ganjar juga selalu berpihak pada rakyat kecil. Hal itu terbukti dengan adanya bantuan modal, promosi dan bimbingan bagi para petani khususnya petani Tebu, perbaikan ratusan ribu rumah tidak layak huni (RTH) serta kebijakan-kebijakan lainnya yang berpihak pada kesejehateraan masyarakat.

"RTH di Jateng Alhamdulillah beliau sudah perbaiki. Beliau Pak Ganjar siap untuk melayani masyarakat, terobosan selama dua periode bisa keliatan itu di Jateng yang sangat maju," katanya.

Lukman menyakini Ganjar bisa memperjuangkan hak-hak yang selama ini belum didapat oleh para petani Tebu, khususnya bisa merasakan manisnya kebijakan pemerintah kepada petani Tebu. Diantaranya kebijakan soal adanya standar harga jual Tebu, sehingga harga jualnya tidak anjlok.

Dia juga memuji Ganjar yang dinilainya figur lengkap. Diantaranya Ganjar berpengalaman dalam pemerintahan seperti mantan sebagai anggota legislatif dan saat ini kepala daerah di Jateng dua periode. Secara kepribadian, sambung dia, Ganjar  mempunyai sikap yang tegas, berkarakter kuat, mengayomi dan peduli pada nasib petani Tebu.

Dalam rangkaian acara, masyarakat yang mengenakan pakaian adat daerah setempat,  juga menggelar Halal bi Halal kebangsaan petani Tebu, diskusi permasalahan pertanian Tebu, santunan anak yatim dan dhuafa, tasyakuran tebang Tebu, penyerahan sambako bagi warga yang tidak mampu secara door to door.

Deklarasi Petani Tebu Bersatu di Lampung mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 ini merupakan yang ketiga dilakukan para petani Tebu. Sebelumnya, dukungan Petebu kepada Ganjar digelar di Nganjuk, Jawa dan Kabupaten Karanganyar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement