Selasa 31 May 2022 20:13 WIB

Mozilla Rilis Firefox 101, Hadirkan Kembali Fitur Permintaan Unduhan

Firefox 101 memulihkan permintaan unduhan lama yang dibuang Mozilla pada Januari 2022

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Mozilla Firefox
Foto: Ubergizmo
Mozilla Firefox

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mozilla merilis pembaruan besar untuk browser-nya. Tidak ada perubahan fitur yang signifikan atau inovatif, tetapi penggemar berat Firefox akan menyambut kembalinya permintaan unduhan lama.

Firefox 101 memulihkan permintaan unduhan lama yang dibuang Mozilla pada Januari 2022. Dimulai dengan Firefox 97, peramban secara otomatis memulai unduhan tanpa terlebih dulu menanyakan apa yang harus dilakukan dengan berkas tersebut.

Baca Juga

Banyak pengguna Firefox tidak menyukai perilaku itu sehingga Mozilla memutuskan untuk mengembalikannya sambil tetap mempertahankan opsi untuk beralih ke UX unduhan baru seperti Chromium.

Perubahan lain di Firefox 101 adalah dukungan untuk beberapa mikrofon selama konferensi video dan pembesar untuk formulir di Android versi 9. Selain itu, Firefox sekarang mendukung kueri media preferensi-kontras yang memungkinkan situs mendeteksi apakah pengguna telah meminta konten web dengan kontras yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Jika Anda tertarik dengan sisi pengembang Firefox 101, lihat log perubahan untuk pengembang di dokumentasi resmi. Anda dapat mengunduh Firefox 101 dari repositori Mozilla atau melalui tautan langsung.

Anda juga bisa menunggu pengembang untuk mendorong pembaruan pada hari ini menggunakan prosedur pembaruan standar. Untuk memeriksa pembaruan untuk Firefox, buka menu utama dan klik Bantuan > Tentang Firefox.

Dilansir Neowin, Selasa (31/5/2022), pekan lalu, Google juga merilis pembaruan fitur untuk browser Chrome-nya. Chrome 102 sekarang tersedia untuk semua pengguna dengan overlay kontrol jendela dan peningkatan PWA. Edge 102 di sisi lain akan tersedia di saluran Stable pada pekan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement