Selasa 31 May 2022 18:39 WIB

CEO Formula E: Balapan di Jakarta Membawa Kegembiraan Bagi Pembalap

Kehadiran sirkuit baru di Ancol justru baik untuk menguji kemampuan para pembalap.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
CEO Formula E Jamie Reigle.
Foto: Dok 24ssports
CEO Formula E Jamie Reigle.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang balap mobil listrik Formula E pertama kali di Indonesia bakal membawa kegembiraan sekaligus tantangan tersendiri bagi para pembalap. Pasalnya, belum ada satu pun dari mereka yang pernah menjajal sirkuit yang baru saja selesai dibangun di bagian utara Ibu Kota itu.

CEO Formula E Jamie Reigle mengatakan, kehadiran sirkuit baru justru baik untuk menguji kemampuan para pembalap. "Hal pertama yang saya akan katakan kami sangat bersemangat karena ini pertama kalinya balapan di Jakarta. Tim kami berkunjung akhir 2021, jadi hanya enam bulan yang lalu, dan sirkuitnya belum dibangun," kata Jamie dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

"Jadi kita semua tahu itu adalah sirkuit baru yang benar-benar disukai para pebalap karena itu berarti mereka dapat menjajal lingkungan baru, sementara yang lain mereka pernah balapan di sana sebelumnya, seperti di Berlin," ujar Jamie melanjutkan.

Dari segi desain, menurut Jamie, Sirkuit Ancol memang dirancang untuk Formula E. Sehingga, bentuknya cukup untuk melaju cepat dengan banyak tikungan bagus yang seharusnya begitu seru. "Sampai nanti balapan dilakukan kita tidak akan tahu pasti bagaimana, itulah mengapa sulit untuk diprediksi," ucap Jamie.

Ke depannya, Jamie berharap sirkuit tersebut dapat digunakan dalam Formula E musim depan. Sebab, sirkuit tersebut telah dirancang sedemikian rupa untuk 'tumbuh' saat ajang balap mobil listrik itu kembali ke Indonesia dalam beberapa tahun. Jamie mengatakan, pihaknya telah memiliki kemitraan jangka panjang dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kami ingin kembali setiap tahun, sangat penting bagi kami untuk memiliki kelanjutan di kejuaraan ini," kata Jamie. Dia menerangkan, Formula E baru saja menandatangani kemitraan selama lima tahun dengan Monako, yang merupakan detak jantung dari olahraga motorsport.

Adapun balapan mobil listrik itu dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Ancol pada Sabtu (4/6/2022). "Kami ingin Jakarta menjadi bagian dari kalender itu untuk waktu yang lama, kami memiliki kesepakatan jangka panjang untuk kembali lagi," ujar Jamie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement