Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Kebiasaan Sehat yang Bisa Bikin Awet Muda

Selasa 31 May 2022 09:17 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan sehat yang bisa bikin Anda awet muda. (ilustrasi)

Kebiasaan sehat yang bisa bikin Anda awet muda. (ilustrasi)

Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan sehat sehari-hari dapat memberikan perubahan berarti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang ingin terlihat lebih muda. Tidak ada trik sulap atau ajaib untuk bisa mewujudkannya. Akan tetapi kebiasaan sehat sehari-hari, setidaknya dapat memberikan perubahan berarti.

Dokter chiropractic dan pendiri di Kaizen Progressive Health, dr Steve Hruby, mengingatkan tentang penuaan yang merupakan bagian normal dan indah dari kehidupan. Menua dengan anggun itu indah. pa pun tahap kehidupan saat ini, menjadi bahagia dan sehat adalah yang terpenting.

Baca Juga

Berikut asupan yang bisa membantu terlihat awet muda, seperti dilansir di laman Eat This Not That, Selasa (31/5/2022).

1. Beralih dari kopi ke teh hijau

Dr Hruby mengingatkan, semakin banyak kopi yang dikonsumsi, maka tubuh bisa kian dehidrasi. Sedangkan teh hijau, kaya akan kandungan nutrisi, antioksidan dan enzim yang membantu menghilangkan kerutan dengan menjaga kulit dari kerusakan kolagen dan elastin.

Selain itu, teh hijau dapat meminimalisasi kerusakan akibat sinar UV. Teh hijau juga merupakan pengganti yang sangat baik. 

2. Kurangi garam dan gula

Gula memicu proses yang disebut glikasi, menyebabkan tubuh kehilangan kekenyalan kulit dan menurunkan efisiensi kolagen dan protein lain yang membantu menjaga kulit tampak muda. Terlalu banyak garam juga bisa berbahaya karena mengeringkan sel-sel secara alami ketika. 

3. Pilihan diet

Ahli diet pusat Medis UCLA, Dana Ellis Hunnes, menjelaskan diet nabati, gaya Mediterania, yang kaya akan lemak nabati sehat, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat membantu  terlihat lebih muda. Hal itu karena antioksidan, vitamin, mineral, lemak antiinflamasi yang sehat, dan kandungan air yang tinggi.

4. Buah anggur merah

Anggur merah dalam jumlah sedang, atau sekitar satu porsi per hari untuk wanita dan hingga dua porsi per hari untuk pria, telah dikaitkan dengan membantu umur lebih panjang, dan dapat membantu menjaga kulit terlihat lebih baik. Namun, dosis yang lebih kecil jauh lebih baik. Buah mengandung anthocyanin, resveratrol dan antioksidan.

5. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko kanker paru-paru tetapi juga berkontribusi terhadap penuaan. Merokok menurunkan kolagen dan elastin, protein yang penting untuk menjaga kulit awet muda.

6. Gunakan retinoid topikal

Retinoid topikal memiliki banyak manfaat termasuk meningkatkan pergantian sel, merangsang kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan banyak lagi. Mulailah dengan menggunakan retinoid topikal dua hingga tiga kali seminggu, tingkatkan setiap malam. Ini akan membuat kulit lebih cerah dan diharapkan mengurangi risiko munculnya garis-garis halus.

7. Kenakan serum dengan vitamin C

Lilliana Ramírez García mengatakan, viitamin C adalah antioksidan kuat. Ini membantu memerangi radikal bebas dan kerusakan akibat sinar matahari. 

8. Pijat wajah 

Dr García mengatakan, memijat wajah setiap hari dapat memberikan keajaiban bagi warna dan tekstur kulit. Pijatan tersebut meredakan ketegangan di wajah, membuatnya tidak mudah kusut. Pijat wajah dapat meningkatkan sirkulasi untuk membuat kulit lebih kencang dan cerah. 

9. Minum banyak air

Dehidrasi dapat memengaruhi elastisitas kulit, kemampuan untuk meregang dan kembali ke bentuk semula. Untuk menjaga elastisitas alami kulit, dan mencegah kerutan yang tidak diinginkan, banyak minum air menjadi sangat penting. 

10. Tabir surya

Lindungi kulit dengan memakai tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi bahkan pada hari-hari ketika cuaca tidak terlalu cerah dan aplikasikan kembali sepanjang hari. Gunakan tabir surya sampai leher dan telinga untuk melindungi dari risiko kanker kulit dan melawan penuaan. 

11. Kurangi stres 

Kent Probst, pelatih kinesioterapis, dan binaragawan Long Healthy Life mengatakan meditasi sering dipraktikkan di seluruh dunia untuk mengurangi stres dan relaksasi. Ada bukti yang menunjukkan berbagai manfaatnya seperti mengatasi rasa sakit, hipertensi, sindrom iritasi usus, kolitis ulseratif, membantu berhenti merokok dan isomnia.

12. Pelembap 

Bahan yang harus dicari dalam pelembap adalah retinoid, vitamin C, asam hidroksi, CoQ10, peptida, ekstrak teh, ekstrak biji anggur, niacinamide. Semua bahan ini menunjukkan beberapa efektivitas klinis dalam mendukung kulit awet muda.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA