Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tanda-Tanda Penting yang Perlu Diperhatikan Soal Kolesterol Tinggi

Selasa 31 May 2022 07:52 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Tanda-tanda yang perlu diperharhatikan terkait kolesterol tinggi. (ilustrasi)

Tanda-tanda yang perlu diperharhatikan terkait kolesterol tinggi. (ilustrasi)

Foto: Republika.co.id
Dokter merekomendasikan tingkat LDL yang ideal jauh di bawah 70 mg/dl.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol sangat baik untuk banyak proses penting dalam tubuh manusia. Mengelola kadar kolesterol menjadi penting untuk kesehatan secara keseluruhan. 

"Kolesterol adalah zat seperti lemak yang membantu tubuh membuat membran sel, banyak hormon, dan vitamin D," kata ahli kesehatan, Seth Shay Martin MD MHS, seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Selasa (31/5/2022). 

Baca Juga

Kolesterol dalam darah berasal dari dua sumber, yakni makanan yang dikonsumsi dan hati. Kolesterol dan lemak lainnya dibawa dalam aliran darah sebagai partikel bulat yang disebut lipoprotein. 

Dua lipoprotein yang paling umum dikenal adalah low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). Berikut adalah tanda-tanda halus hiperlipidemia yang harus diwaspadai, menurut para ahli. 

1. Kadar kolesterol sehat

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, dan strok. Dokter merekomendasikan tingkat LDL yang ideal jauh di bawah 70 mg/dl. 

Bagi yang tidak memiliki faktor risiko kadar LDL pada atau di atas 190 mg/dl, rekomendasinya adalah menurunkan kadar hingga di bawah 100 mg/dl. Orang berusia 40 hingga 75 tahun yang hidup dengan diabetes dan LDL 70 atau lebih, sudah memerlukan obat.

2. Wanita dan kolesterol tinggi

Para ahli memperingatkan bahwa banyak wanita tidak menyadari seberapa tinggi kolesterol mereka. Sekitar 45 persen wanita di atas usia 20 tahun memiliki kolesterol total 200 mg/dl ke atas, yang dianggap meningkat.

“Tetapi survei American Heart Association menemukan bahwa 76 persen wanita bahkan tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi, nilai kolesterol mereka," kata Erin Donnelly Michos MD MHS. Tingkat trigliserida yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung lebih besar pada wanita dibandingkan dengan pria.

3. Kolesterol dan jantung

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan strok. Jangan abaikan gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernapas, dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan pada lengan dan kaki. “Risiko utama yang terkait dengan kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner (PJK)," menurut Cleveland Clinic. 

Tingkat kolesterol darah sangat berkaitan dengan kemungkinan terkena penyakit jantung. Jika kolesterol terlalu tinggi, itu menumpuk di dinding arteri. 

Seiring waktu, penumpukan ini dikenal sebagai aterosklerosis. Kondisi ini menyebabkan arteri menjadi menyempit, dan pembuluh darah yang menyempit, mengurangi aliran darah ke jantung. Hal ini dapat mengakibatkan angina (nyeri dada) karena aliran darah yang tidak cukup ke jantung, atau serangan jantung jika pembuluh darah tersumbat sepenuhnya dan jantung otot mulai mati.

4. Diabetes tipe 2 dengan kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi terkait erat dengan diabetes tipe 2 karena dapat memengaruhi kadar kolesterol yang berbeda. Bahkan jika kontrol gula darah baik, penderita diabetes cenderung mengalami peningkatan trigliserida, penurunan high-density lipoprotein (HDL) dan kadang-kadang peningkatan low-density lipoprotein (LDL). Hal ini meningkatkan kemungkinan mengembangkan aterosklerosis.

5. Kolesterol dan Covid-19

Studi menunjukkan virus Covid-19 lebih berbahaya bagi orang dengan kolesterol tinggi, yang mengarah ke tingkat potensi serangan jantung. “Hasil ini penting karena menggarisbawahi pemahaman bagaimana saat penderita kolesterol tinggi berobat dan vaksinasi," kata Kepala Petugas Teknologi Family Heart Foundation, Kelly Myers.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA