Selasa 31 May 2022 08:05 WIB

Italia Terdepan untuk Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2032

Italia sudah lama tak menjadi tuan rumah turnamen ini sejak terakhir kali pada 1990.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriel Gravina.
Foto: figc
Ketua Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriel Gravina.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Ketua Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriel Gravina mengeklaim bahwa Italia berada di posisi terdepan untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2032. Italia sudah lama tak menjadi tuan rumah turnamen ini sejak terakhir kali pada 1990.

Namun pada Piala Eropa 2020 lalu, beberapa pertandingan digelar di Italia, termasuk laga pembuka yang berlangsung di Roma. Gravina bertekad akan menjadikan Italia kembali menjadi tuan rumah pertamanya setelah satu dekade.

Baca Juga

“Ada kami dan Turki untuk 2032. Kami berada di posisi yang baik. Italia akhirnya kredibel,” ujar Gravina dilansir dari Football Italia, Selasa (31/5/2022).

Italia menjadi juara Piala Eropa 2020 dengan sistem pertandingan digelar di berbagai tempat di Eropa. Nerazzuri keluar sebagai juara setelah mengalahkan Inggis di partai final. Namun ironisnya, skuad Azzurri justru gagal lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Jerman akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024. Adapun Inggris dan Irlandia akan bersaing dengan Turki untuk menjadi tuan rumah pada 2028. Italia telah menjadi tuan rumah empat turnamen besar dalam sepak bola dan memenangkan dua di antaranya.

Pada tahun 1934, Italia memenangkan Piala Dunia sebagai tuan rumah pertama. Sementara Italia juga menjadi juara Piala Eropa pertama kalinya pada 1968.

Tapi di Piala Eropa 1980, Italia hanya finis di posisi keempat karena kalah dari Cekoslowakia di perebutan tempat ketiga. Azzurri juara ketiga ketika menjadi tuan rumah pada Piala Eropa 1990.

Italia tampil bagus selama Piala Eropa 2020 di bawah kendali Roberto Mancini. Italia mengalami revolusi permainan dari bertahan menjadi tim yang bermain menyerang nan agresif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement