Senin 30 May 2022 22:27 WIB

Unand Wisuda 1.121 Orang, 25 Orang Mahasiswa Berprestasi Hingga Level Internasional

Menampilkan mahasiswa berprestasi guna memacu semangat berkarier dan inovasi

Rep: febrian fachri/ Red: Hiru Muhammad
Pengendara melintas di depan gerbang Kampus Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat, Ahad (25/7/2021).
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Pengendara melintas di depan gerbang Kampus Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat, Ahad (25/7/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Universitas Andalas Padang, mewisuda 1.121 wisudawan pada periode wisuda II tahun 2022 ini. Dari seluruh yang diwisuda pada periode ini, 25 orang merupakan mahasiswa berprestasi dari tingkat nasional sampai internasional.

"Ini kali pertama Universitas Andalas dalam wisudanya menampilkan para mahasiswa yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Sebelumnya hanya menampilkan mahasiswa lulusan terbaik dan mahasiswa yang memiliki aktivitas di organisasi kampus atau Bintang Aktivis Kampus (BAK)," kata Wakil Rektor I Unand, Mansyurdin, Senin (30/5/2022).

Baca Juga

Mansyurdin menjelaskan 1.121 orang wisudawan itu terdiri dari Program Diploma III 59 orang, Sarjana 705 orang, Profesi 243 orang, Magister 76  orang, Spesialis 29 orang dan Doktor sebanyak 9 orang.

Universitas Andalas juga meluluskan mahasiswa kedokteran Salsabila Syafna Aulia yang juga merupakan juara I Internasional AFRICA OCIIP EXPO  2020  Juara 3 Internasional – Indonesian Young Scientist Association (2020). Ia juga Juara 2 Nasional - Lomba Video Anatomi dan Fisiologi  Nasional pada Medical Competition and  Fair of Anatomy and Physiology (MINERFA) 2020.

 

Kemudian, Muhammad Zidan Amriza dari Fakultas Kedokteran meraih juara 1 Internasional- sean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair  Semarang, Indonesia  2022 yang juga meraih juara 2 Internasional - Global Competition for Life Sciences Surabaya, Indonesia 2022.

Selain itu, Universitas Andalas juga meluluskan juara 1 Internasional - Hands-free Sanitizer Mechanism Design Challenge 2020 dan juga juara 3 Nasional - Kontes Robot Terbang Indonesia Divisi Racing Plane Tahun 2020 yakni dari fakultas teknik Rian Kurnia.

Selain Salsabila Syafna Aulia, Zidan, dan Rian Kurnia masih banyak mahasiswa lain yang mengukir namanya di tingkat nasional dan internasional diantaranya Yogi Arian meraih juara 1 Internasional - Festival Pencak Silat Internasional 2016.

Menurut  Mansyurdin menampilkan mahasiswa berprestasi ini sebagai upaya untuk memacu semangat mahasiswa untuk terus berprestasi dan berkarya serta berinovasi baik itu ditingkat nasional maupun juga di tingkat internasional."Universitas Andalas akan terus melahirkan lulusan-lulusan yang berkarakter dan berintegritas serta berdaya saing," ujar dia.

Mansyurdin berharap capaian prestasi ini dapat membantu saudara dalam berkarir atau menempuh pendidikan yang lebih tinggi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement