Senin 30 May 2022 20:02 WIB

MAN IC OKI kini Punya Habibie’s Library

Ada banyak cara untuk meningkatkan minat baca bagi siswa madrasah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Madrasah (ilustrasi)
Foto: blogspot.com
Madrasah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak cara untuk meningkatkan minat baca bagi siswa madrasah. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) adalah menghadirkan perpustakaan digital dengan nama Habibie’s Library.

Kehadiran perpustakaan elektronik ini diresmikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain, di Auditorium MAN IC OKI, Sabtu (28/5). Hadir dalam peresmian, Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan dan Kabid Penmad Kemenag Sumsel Muhammad Ali.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Zain menyambut baik kehadiran Habibie’s Library. Inovasi dan inisiatif ini disebut bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca  generasi bangsa dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi.

"Selama ini anak zaman sekarang menggunakan sosial media untuk berbagi (sharing), dialog, mengobrol dengan teman-temannya. Maka MAN IC OKI sediakan E Library, agar siswa bisa akses membaca buku pelajaran secara digital,” ujarnya dalam keterangan yang didapat Republika, Ahad (29/5/2022).

Dengan adanya Habibie’s Library, peserta didik disebut tidak harus membaca di ruang perpustakaan. Mereka bisa membaca di mana saja, bahkan di taman karena bisa diakses melalui gadget.

"Pokoknya era saat ini budaya literasi dikuatkan melalui pemanfaatan teknologi digital,” lanjut dia.

 

Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal mengatakan, melalui Habibie’s Library pihaknya ingin membudayakan baca tulis siswa. Selain literasi konvensional, mereka juga berupaya mendorong melalui literasi digital.

 

“Jadi kami berupaya mempermudah layanannya. Saya berharap Habibie’s Library akan meningkatkan minat baca siswa dan prestasi mereka. Tanpa membaca, siswa itu sulit berprestasi,” ucap Faisal.

 

Habibie’s Library dikembangkan oleh guru MAN IC OKI, Cipto Kurniawan, S.Kom. Selain perpustakaan digital, Cipto juga sudah menyumbangkan banyak karya inovasi dalam meningkatkan digitalisasi madrasah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement