Senin 30 May 2022 18:29 WIB

Fitur iPhone 14 Contek dari Fitur Android?

Banyak bocoran beredar jelang peluncuran iPhone 14.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto: Flickr
Ponsel iPhone / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang peluncuran iPhone, banyak perubahan yang bocor. Misal, penempatan kamera menghadap depan baru atau kamera utama beresolusi lebih tinggi. Sekarang, bocoran fitur semakin bertambah dengan adanya laporan yang menunjukkan fitur ponsel Android populer masuk ke iPhone.

Analis dan pembocor Apple populer Mark Gurman telah memberikan petunjuk fitur iOS 16 baru yang dapat membawa perubahan besar dimulai dengan iPhone 14. Menurut Gurman, iOS 16 membangun dukungan untuk layar kunci yang selalu aktif.

Baca Juga

Padahal ini merupakan fitur yang umum di ponsel Android yang disebut “Always-On Display.” Artinya, saat ponsel Anda tidak menyala, Anda masih dapat melihat beberapa informasi di layar seperti waktu dan notifikasi Anda. Perangkat Apple Watch yang lebih baru sudah mendukung fitur ini. iPhone 13 tadinya akan memiliki fitur ini tetapi tidak jadi. Namun, kebocoran perubahan ini belum kepastian lebih lanjut.

Saat iPhone 13 memiliki kecepatan refresh variabel antara 10Hz dan 120Hz, tampaknya iPhone 14 akan turun ke 1Hz. Kecepatan refresh yang lebih rendah ini lebih disukai untuk tampilan yang selalu aktif. Sebab, ini berarti panel hanya menyegarkan satu kali per detik yang Anda butuhkan untuk layar.

Sayangnya, saat Gurman membocorkannya, itu malah membuat fitur terdengar seperti hanya akan datang ke ponsel iPhone 14 Pro. Ini membuat ponsel non-Pro tidak akan membawa banyak perubahan dari pendahulunya. Sementara Always-On Display terdengar eksklusif untuk ponsel Pro, perubahan layar kunci lainnya tidak. Gurman juga mengatakan iOS 16, layar kunci akan mendapatkan wallpaper dan widget baru untuk sedikit meningkatkan fungsionalitas.

Dilansir Tech Radar, Senin (30/5/2022), perangkat Android dan iOS sering mengambil fitur satu sama lain yang membuat kedua sistem operasi semakin tidak dapat dibedakan setiap tahun, seperti kabar tentang Always-On Display. Fitur layar sangat berguna untuk memungkinkan Anda mengumpulkan waktu, baterai ponsel, dan notifikasi apa pun yang Anda miliki tanpa menghabiskan baterai dengan menyalakan layar terus-menerus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement