Senin 30 May 2022 18:00 WIB

Mengenal Masjid Al Ghamama

Masjid Al-Ghamama terletak 500 meter di barat daya Masjid Nabawi,

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Mengenal Masjid Al Ghamama. Foto: Masjid Al Ghamamah, Madinah, Arab Saudi.
Foto: Wikipedia
Mengenal Masjid Al Ghamama. Foto: Masjid Al Ghamamah, Madinah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Masjid Al-Ghamama terletak 500 meter di barat daya Masjid Nabawi, adalah salah satu situs bersejarah paling terkemuka di Madinah. Salah satunya ketika perjalanan Nabi Muhammad dan dikenal sebagai tempat terakhir di mana ia melakukan sholat Idul Fitri dan hujan.

Masjid ini telah mengalami beberapa kali perbaikan dan pemugaran sejak dibangun pada masa Umar bin Abdulaziz, antara tahun 86 H hingga 93 H Sultan Hassan bin Muhammad bin Qalawun Al-Salihi memperbaruinya sebelum tahun 761 H dan dipugar lagi pada masa pemerintahan Sultan Inal pada tahun 861 H.

Baca Juga

Masjid Al Ghamama juga telah dirawat dan direnovasi selama era Raja Salman, yang menunjukkan minat dan kepedulian yang besar terhadap gaya arsitekturnya, agar orang-orang mendapat manfaat dari melakukan sholat di dalamnya dan merangkul banyak kegiatan keagamaan dan budaya, dan meningkatkannya nilai sejarah yang berkaitan dengan perjalanan nabi.

Masjid ini ditutupi dari luar dengan batu basal hitam, dan kubah serta dinding interiornya dicat putih, sedangkan lengkungannya diarsir hitam untuk melengkapi penampilan masjid yang indah. Sebuah panel hijau yang indah ditempatkan di pintu masuk gedung di mana kata-kata Masjid Al Ghamama ditulis dengan kaligrafi yang indah.

 

Lengkungan luar masjid adalah mahakarya arsitektur yang langka, dibangun dengan batu berwarna gelap dan dipisahkan oleh garis putih. Di dalam, lengkungan yang indah menunjukkan kemegahan seni teknik yang merancangnya dan keahlian yang mengerjakannya.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2092161/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement