Senin 30 May 2022 16:30 WIB

Dulu tak Jaga Makan, Tom Hanks Kini Berjuang Kelola Diabetes Tipe 2

Tom Hanks mengidap diabetes tipe 2.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Tom Hanks menghadiri sesi pemotretan untuk film Elvis dalam Festival Film Cannes, di Cannes, Prancis, 26 Mei 2022. Hanks merupakan pengidap diabetes tipe 2.
Foto: EPA-EFE/GUILLAUME HORCAJUELO
Tom Hanks menghadiri sesi pemotretan untuk film Elvis dalam Festival Film Cannes, di Cannes, Prancis, 26 Mei 2022. Hanks merupakan pengidap diabetes tipe 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Cast Away Tom Hanks membagikan caranya menangani diabetes, penyakit yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Aktor berusia 65 tahun ini pertama kali membuka tentang diagnosis diabetes tipe 2 di The Late Show with David Letterman pada 2013.

Tipe 2 adalah versi diabetes yang lebih umum, yang sebagian besar terkait dengan usia tua dan obesitas. Menurut Hanks, dokter menyarankan dia untuk menurunkan berat badan hingga angka timbangannya sama seperti saat remaja. 

Baca Juga

Itu penting untuk menyingkirkan penyakitnya. Namun, Hanks menampik saran itu.

Terlepas dari penolakannya terhadap penurunan berat badan yang besar pada saat itu, Hanks telah membuat beberapa penyesuaian hidup selama bertahun-tahun. Dalam sebuah episode podcast "Sooo Many White Guys" pada 2018, sang bintang membuka secara lebih mendalam tentang bagaimana dia menangani kondisi itu sebagai bagian dari rutinitas hariannya dan menjelaskan penyebabnya.

"Sebagian karena gen saya dan sebagian karena gaya hidup mengerikan yang saya lakukan dengan makan apa pun. Jadi sekarang hal pertama yang saya lakukan adalah saya mencoba untuk mengendalikannya," kata Hanks, dilansir laman Express, Senin (30/5/2022).

Hanks mengatakan mulai mencoba setidaknya beraktivitas satu jam setiap hari. Aktivitas itu bisa berupa treadmill atau jalan-jalan atau mendaki dengan anjing. Dia mengusahakan olahraga satu jam setiap hari.

Dalam wawancara sebelumnya dengan Radio Times, Hanks mengakui bahwa dia kurang ahli dalam mengatur berat badan dan makanan. Pemeran manajer Elvis Presley, Colonel Tom Parker, dalam film Elvis itu mengira bisa menurunkan berat badan dengan menyingkirkan roti saat makan burger.

"Saya adalah bagian dari generasi Amerika yang malas yang secara membabi buta terus menari di pesta lalu sekarang jadi penyakitan," ujar Hanks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement