Senin 30 May 2022 16:14 WIB

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Simpan Pesan yang Hilang?

Pesan yang akan disimpan terletak di bagian baru di bawah Info Kontak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: Pixabay
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Platform perpesanan WhatsApp tampaknya sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan pesan yang hilang. Ini berarti orang yang menerima pesan ini dapat menyimpannya meskipun pesan tersebut dihapus oleh pengirim.

Pratinjau alat ini pertama kali ditemukan di beta Android aplikasi pada Maret. Akan tetapi, sekarang diperluas karena terlihat di beta iOS dan beta desktop. WhatsApp bergerak maju dengan fitur tersebut dan pengguna berharap dapat melihat peluncuran fitur itu lebih luas di masa depan.

Baca Juga

Menurut WABetaInfo, setiap pesan yang akan disimpan terletak di bagian baru di bawah Info Kontak dan Info Grup. Namun, ketika seseorang menyimpan pesan yang menghilang untuk mencegahnya dihapus setelah tanggal kedaluwarsa, semua orang akan diberi tahu dan siapa pun dapat membatalkannya, menghapus pesan yang terpengaruh.

Dilansir Lowyat, Senin (30/5/2022), awalnya, Anda hanya dapat mengatur pesan yang menghilang ke grup atau kontak individual serta hanya terbatas pada pengatur waktu tujuh hari. Namun beberapa bulan yang lalu, WhatsApp meluncurkan pengatur waktu global yang memungkinkan pengguna mengatur semua pesan untuk dihapus sendiri secara default dengan opsi durasi 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari.

Meskipun ini tidak mencegah penerima mengambil tangkapan layar percakapan, setidaknya menghapus pesan tidak penting yang mengacaukan ponsel Anda. WhatsApp juga meluncurkan fitur bernama View Once yang memungkinkan pengguna mengirim gambar yang hilang setelah dilihat oleh penerima yang sangat berguna untuk mengirim informasi yang tidak ingin Anda sampaikan seperti kata sandi Wi-Fi.

Selain fitur penghemat obrolan ini, WhatsApp memiliki banyak fitur seperti keluar dari grup senyap, pemfilteran obrolan, dan mode pendamping. Belum lama ini, WhatsApp juga meluncurkan reaksi emoji dan Komunitas serta beberapa peningkatan obrolan suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement