Senin 30 May 2022 09:34 WIB

Di Tengah Sanksi Barat, Rusia Pertimbangkan Kripto untuk Transaksi Internasional

Federasi Rusia dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menerima cryptocurrency

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Di Tengah Sanksi Barat, Rusia Pertimbangkan Kripto untuk Transaksi Internasional
Di Tengah Sanksi Barat, Rusia Pertimbangkan Kripto untuk Transaksi Internasional

Federasi Rusia dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menerima cryptocurrency untuk pembayaran internasional sebagai tanggapan atas sanksi Barat terhadap negara yang didorong oleh invasi skala penuhnya ke Ukraina awal tahun ini.

Kantor berita Interfax dan Reuters yang berbasis di Moskow melaporkan pada hari Jumat lalu (27/5/2022) bahwa Ivan Chebeskov, yang mengepalai Divisi Kebijakan Keuangan dalam Kementerian Keuangan Rusia, secara aktif mempertimbangkan kemungkinan memasukkan pembayaran kripto.

"Gagasan menggunakan mata uang digital dalam transaksi untuk penyelesaian internasional sedang dibahas secara aktif," katanya.

Baca Juga: Sudah Berlaku! Federal Reserve Brasil Tetapkan Pajak Hasil dan Transaksi Kripto

Menurut surat kabar lokal Vedomosti, Kementerian Keuangan sedang mempertimbangkan untuk menambahkan proposal tentang pembayaran internasional ke versi terbaru dari undang-undang kripto yang masih dalam pembangunan.

Dukungan untuk legalisasi cryptocurrency tampaknya datang dari semua segmen pemerintah Rusia. Menurut menteri perdagangan Denis Manturov, Moskow berencana untuk melegalkan pembayaran kripto "lebih cepat daripada nanti." Pada bulan April, Kementerian Keuangan negara itu mendukung legalisasi dalam RUU berjudul "On Digital Currency."

Pada bulan yang sama, gubernur Bank Russia mengakui bahwa bank sentral sedang mempertimbangkan kembali sikap bermusuhannya terhadap aset digital. Gubernur bank sentral Elvira Nabiullina mengatakan bahwa kripto sedang dipertimbangkan di antara beberapa langkah untuk mengurangi dampak sanksi Barat terhadap ekonomi Rusia.

Baca Juga: Rudal-rudal Amerika dan Denmark Perkuat Persenjataan Militer Ukraina, Rusia Bisa Apa?

Tidak sepenuhnya jelas bagaimana Rusia akan dapat menggunakan aset digital untuk melewati sanksi Barat mengingat bahwa pasar kripto tidak cukup besar atau cukup likuid untuk mendukung kebutuhan transaksi negara berdaulat.

Sebagai permulaan, Kantor Kontrol Aset Asing Amerika Serikat telah melarang setiap orang AS melakukan bisnis dengan individu atau entitas dalam Daftar Warga Negara yang Ditunjuk Secara Khusus dan Orang yang Diblokir (SDN).

Larangan melakukan bisnis dengan SDN Rusia ada terlepas dari sistem pembayaran yang ada. "Tidak ada alasan untuk berpikir keberadaan kripto akan meyakinkan salah satu dari mereka untuk dengan sengaja melanggar undang-undang sanksi, mempertaruhkan denda & hukuman penjara," kata Jake Chervinsky, kepala kebijakan untuk Asosiasi Blockchain yang berbasis di AS.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement