Senin 30 May 2022 08:45 WIB

Rangnick Batal Jadi Konsultan di Manchester United, Fokus Latih Timnas Austria

Rangnick dan manajemen MU membatalkan kontrak dengan persetujuan bersama.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Mantan pelatih interim Manchester United Ralf Rangnick batal menjadi konsultan klub dan fokus menangani timnas Austria.
Foto: AP/Rui Vieira
Mantan pelatih interim Manchester United Ralf Rangnick batal menjadi konsultan klub dan fokus menangani timnas Austria.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Ralf Rangnick tidak akan menjalani peran sebagai konsultan di Manchester United selama dua tahun ke depan. Padahal sebelumnya ia didatangkan manajemen untuk tugas ini.

Rangnick tiba di Old Trafford pada Desember tahun lalu. Ia menggantikan Ole Gunnar Solskjaer di kursi kepelatihan. Statusnya hanya pelatih interim hingga musim 2021/22 berakhir.

Baca Juga

Setelahnya, ia menjalani sebagai konsultan klub seperti kontrak yang disepakati bersama. Namun belakangan terjadi perubahan. Pria Jerman itu dipastikan keluar dari United.

"Dengan kesepakatan bersama, sekarang Ralf hanya akan fokus pada peran barunya sebagai manajer tim nasional Austria, dan karena itu, dia tidak akan mengambil peran sebagai konsultan di Old Trafford," demukian pernyataan resmi MU, dikutip dari laman BBC, Senin (30/5/2022).

Pihak MU sudah mendatangkan Erik ten Hag sebagai pelatih. Ini sesuai rencana awal. Artinya kehadiran Ten Hag tidak berpengaruh pada situasi Rangnick.

Juru taktik asal Belanda ini enggan mengomentari apa yang terjadi. Menurut dia, semua keputusan milik klubnya. Ia hanya perlu berkonsentrasi pada apa yang menjadi tugasnya.

Ten Hag siap melanjutkan pekerjaan Rangnick di MU. Dalam enam bulan sebelumnya, Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan gagal berbicara banyak. Mereka tak bisa menembus zona top four.

Pada era Rangnick, United mentas di 29 pertandingan. Selama periode tersebut, Paul Pogba dkk meraih 11 kemenangan. Sisanya MU tumbang di delapan laga dan 10 partai berkesudahan imbang.

Alhasil, pasukan Setan Merah finis di peringkat keenam klasemen akhir Liga Primer Inggris. Musim depan mereka hanya tampil di Liga Europa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement