Senin 30 May 2022 08:17 WIB

Saudi Buka Paket Layanan Haji Domestik

Arab Saudi buka paket layanana haji domestik

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto: Republika
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Saudi akan membuka paket layanan untuk jamaah domestik. Bulan lalu, pemerintah mengatakan akan mengizinkan satu juta jamaah dari dalam dan luar Kerajaan untuk melaksanakan haji tahun ini yang dimulai pada Juli.

Keputusan itu dibuat setelah dua tahun Kerajaan tidak menggelar haji bagi jamaah internasional karena pandemi Covid-19. Kepala Dewan Koordinasi Jamaah Domestik Saed Al-Juhani menyebut jumlah jamaah yang diumumkan termasuk 150 ribu jamaah yang tinggal di Arab Saudi.

Baca Juga

“Perusahaan untuk jamaah haji domestik tahun ini akan menyediakan paket layanan yang bervariasi,” kata Al Juhani kepada Saudi TV Al Ekhbariya, dikutip Gulf News, Senin (30/5/2022).

Dia menjelaskan ada tiga paket khusus yang akan tersedia, yaitu paket menara di Mina yang terletak tujuh kilometer dari Mekkah, paket tenda yang dikembangkan mirip dengan kamar hotel, dan tenda biasa dilengkapi dengan semua layanan.

Layanan prasmanan terbuka juga akan dihidupkan kembali setelah penangguhan dua tahun karena pembatasan pandemi. “Makanan segar yang disediakan untuk jamaah haji, warga, dan penduduk dalam negeri akan sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementerian Haji dan Umroh,” ujarnya.

Selain itu, pihak berwenang juga mengatakan jamaah yang memenuhi syarat tahun ini harus berusia di bawah 65 tahun, divaksinasi penuh Covid-19, dan menunjukkan tes PCR negatif. Sebelum pandemi, sekitar 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia biasa melaksanakan haji di Arab Saudi setiap tahun

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement