Senin 30 May 2022 07:30 WIB

Berlusconi Kembali ke Serie A Bersama Monza, Bakal Hadapi Milan Musim Depan

Monza promosi ke Serie A lewat jalur playoff.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Silvio Berlusconi, pemilik klub Monza yang promosi ke Serie A musim depan.
Foto: REUTERS/Alessandro Bianchi
Silvio Berlusconi, pemilik klub Monza yang promosi ke Serie A musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, MONZA -- Mantan pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi, akan kembali berkecimpung di pentas Serie A pada musim depan. Klub milik eks Perdana Menteri Italia itu, Monza, dipastikan promosi ke Serie A usai membungkam Pisa 4-3 pada partai final playoff Serie B, Senin (30/5/2022) dini hari WIB. 

Ini menjadi kali pertama Monza tampil di kompetisi kasta tertinggi di Italia tersebut. Finis di peringkat keempat klasemen akhir Serie B, Monza berhak melakoni babak playoff kontra Pisa, yang duduk di peringkat ketiga. 

Baca Juga

"Ini pertama kalinya Monza, yang terletak di dekat Milan, mencapai kompetisi teratas dalam 110 tahun sejarahnya.," tulis laporan AP, Senin. 

Monza sukses melewati adangan Brescia di semifinal dengan keunggulan agregat 4-2. Di partai final, I Biancorossi berhadapan dengan Pisa, yang duduk di peringkat ketiga klasemen akhir Serie B. Pada leg pertama, Monza membungkam Pisa, 2-1, awal pekan ini. Monza akhirnya memastikan satu tiket terakhir promosi ke Serie A musim depan usai menundukan Pisa, 4-3, di leg kedua, yang digelar di kandang Pisa, Stadion Garibaldi. 

Dengan keunggulan agregat 6-4 atas Pisa, Monza menjadi tim terakhir yang berhak tampil di Serie A musim depan menemani Lecce dan Cremonese, yang menggenggam tiket otomatis usai finis di dua posisi teratas Serie B. 

Lecce menggenggam mahkota juara Serie B dengan keunggulan dua poin atas Cremonese, yang duduk di peringkat kedua. 

Berlusconi mengakuisisi Monza pada 2018 silam. Saat itu, Monza masih berkiprah di Serie C. Kabarnya, Berlusconi hanya menggelontorkan dana sebesar tiga juta euro demi bisa mengambil alih kepemilikan I Biancorossi. Hanya berselang dua tahun sejak diambil alih Berlusconi, Monza sukses promosi ke Serie B pada 2020. Kendati begitu, upaya Monza untuk bisa promosi ke Serie A pada musim lalu berujung kegagalan. Monza tersingkir di babak semifinal playoff Serie B. Padahal, pada awal musim lalu, Monza begitu agresif dalam perekrutan pemain, termasuk mendatangkan Kevin Prince-Boateng dan Mario Balotelli. 

Seperti saat masih memiliki AC Milan, Berlusconi juga mempercayakan pengelolaan Monza kepada Adriano Galliani. Berlusconi diketahui melepas kepemilikan AC Milan kepada konsorsium asal Cina, yang dipimpin Yonghong Li pada 2017 silam. Menarik dinanti ketika Monza berhadapan dengan Milan, klub yang dibesarkan dan membesarkan nama Berlusconi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement