Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Bangka Barat dan Bank Sumsel Babel Tingkatkan Layanan Transaksi Digital

Ahad 29 May 2022 09:35 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Pembeli bertransaksi nontunai melalui QRIS di pasar (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pembicaraan lanjutan bersama jajaran direksi Bank Sumsel Babel (BSB) untuk meningkatkan pelayanan transaksi digital.

Pembeli bertransaksi nontunai melalui QRIS di pasar (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pembicaraan lanjutan bersama jajaran direksi Bank Sumsel Babel (BSB) untuk meningkatkan pelayanan transaksi digital.

Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Kedua pihak susun rencana agar transaksi digital bisa dikembangkan dalam perdagangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTOK -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pembicaraan lanjutan bersama jajaran direksi Bank Sumsel Babel (BSB) untuk meningkatkan pelayanan transaksi digital.

"Peluncuran pelayanan pembayaran pajak secara digital untuk para pedagang Pasar Mentok beberapa waktu lalu sudah kita lakukan. Ke depan kita ingin kerja sama ini bisa ditingkatkan guna mendukung perekonomian masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga

Menurut dia, peluncuran sistem pembayaran pajak pedagang Pasar Mentok secara digital yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu mendapatkan apresiasi dari Bank Indonesia. "Saya bersama Bupati Bangka Barat berharap transaksi secara digital ini bisa terus dikembangkan, seperti sistem pembelanjaan menggunakan aplikasi bersama BSB dan Pemkab Bangka Barat," katanya.

Untuk menindaklanjuti upaya bersama tersebut, kedua belah pihak telah melakukan pertemuan lanjutan untuk menyusun rencana bersama agar sistem tersebut bisa dikembangkan dalam perdagangan di Bangka Barat. "Melalui kerja sama ini kami juga ingin BSB berkontribusi dalam tata cara berdagang yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Bangka Barat. Apalagi BSB saat ini sudah ada di setiap kabupaten/kota di Babel, ini tentunya akan sangat bermanfaat," ujarnya.

Direktur Bisnis BSB Antonius Prabowo Argo menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bangka Barat yang selama ini memberikan kontribusi dan melakukan beberapa upaya untuk kemajuan perekonomian masyarakat. Terkait rencana tersebut, Antonius menyatakan kesanggupan dan akan melakukan diskusikan bersama secara bertahap agar target dan harapan sesuai yang diinginkan sehingga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

Sebagai langkah awal, BSB, tim IT dan Pemkab Bangka Barat akan melakukan pertemuan lanjutan untuk menyiapkan konten kreatif berbasis teknologi untuk mendukung rencana tersebut. "Kami berharap sinergisitas ini bisa membawa kemajuan bersama dan mendukung upaya Pemkab dalam mewujudkan Bangka Barat yang maju, sejahtera dan bermartabat," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA