Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Ini Fakta-Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions

Ahad 29 May 2022 00:36 WIB

Red: Bayu Hermawan

Real Madrid Vs Liverpool.

Real Madrid Vs Liverpool.

Foto: Republika.
Liverpool dan Real Madrid akan bertarung memperebutkan trophy Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Stadion Parc des Prince akan menjadi medan 'pertempuran' dua tim paling impresif musim ini di final Liga Champions. Mereka adalah Liverpool dan Real Madrid, yang kembali bertemu di partai puncak kompetisi tertinggi antarklub Eropa ini setelah 2018.

Berikut data dan fakta jelang pertandingan, dikutip dari laman resmi UEFA, Ahad (29/5) :

Baca Juga

- Kedua tim akan bertemu untuk ketiga kalinya di final Liga Champions, setelah saling berhadapan pada 1981 dan 2018. Ini menjadi pertemuan dua tim yang sama di final terbanyak di kompetisi ini.

- Real Madrid telah memenangkan tujuh pertandingan final terakhir mereka di Liga Champions sejak 1981, ketika kalah dari Liverpool di Paris 41 tahun silam.

- Paris menjadi tuan rumah final Liga Champions 47 tahun lalu, dengan gol babak kedua dari Franz Roth dan Gerd Muller memastikan kemenangan Bayern melawan Leeds di Parc des Princes.

- Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, memegang rekor pelatih terbanyak yang tampil ke fina Liga Champions dengan lima kali. Pelatih berusia 62 tahun itu berharap bisa mengangkat trofi untuk keempat kalinya, dan menjadi pelatih pertama yang melakukannya.

- Ancelotti hanya sekali gagal di final Liga Champions, ketika Milan dikalahkan Liverpool secara dramatis pada 2005. Milan sempat unggul 3-0 di babak pertama, sebelum the Reds menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di babak kedua. Liverpool akhirnya menang adu penalti dalam pertandingan di Istanbul. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA