Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

BMH Tebar 10 Ribu Bibit Ikan di Tambak Pemberdayaan

Sabtu 28 May 2022 22:43 WIB

Red: Irwan Kelana

BMH  menyebarkan  10 ribu bibit ikan bandeng di lahan tambak yang dikelola oleh dai di Pesantren Hidayatullah Kendal, Jawa Tebgah (Jateng)  Jumat  (27/5).

BMH menyebarkan 10 ribu bibit ikan bandeng di lahan tambak yang dikelola oleh dai di Pesantren Hidayatullah Kendal, Jawa Tebgah (Jateng) Jumat (27/5).

Foto: Dok BMH
Pemberdayaan tambak untuk dai dan pesantren ini telah berlangsung setengah dekade.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Laznas BMH menguatkan kiprah kemandirian dai dan pesantren yang berada di Kendal, Jawa Tengah.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini BMH telah menyebarkan  10 ribu bibit ikan bandeng di lahan tambak yang dikelola oleh dai di Pesantren Hidayatullah Kendal," terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Jateng, Yusran Yauma, Jumat  (27/5).

Pemberdayaan tambak untuk dai dan pesantren ini telah berlangsung selama setengah dekade. "Semua berjalan dengan baik berkat kolaborasi BMH dan YBM PLN serta dai di Pesantren Hidayatullah Kendal, termasuk Baznas," imbuh Yusran dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (28/5)

Selain itu tambak ini juga berdampak  pemberdayaan bagi warga sekitar, sehingga selamat dari ancaman pengangguran. Satu diantaranya ialah Bapak Adi.

"Terima kasih BMH, Pesantren Hidayatullah Kendal, YBM PLN dan Baznas atas pekerjaan ini. Banyak di antara tetangga saya yang sudah di-PHK oleh majikannya. Mereka banyak yang sudah tidak bisa berpenghasilan tetap," tuturnya.

Sejauh ini tambak yang berlokasi di Dusun Gubugsari, Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kendal telah memberdayakan lima  warga di dusun tersebut.

"Kita terus berupaya agar tambak ini semakin produktif dan dapat jadi andalan kemandirian ekonomi, dai, warga dan pesantren," tutup Yusran Yauma.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA