Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Puan Maharani Jadi Juri Putri Indonesia 2022

Ahad 29 May 2022 04:37 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan paparan pada sesi Midterm Review of the Sendai Framework dalam Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/5/2022).

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan paparan pada sesi Midterm Review of the Sendai Framework dalam Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/5/2022).

Foto: ANTARA/Wahyu Putro A
Puan Maharani berharap putri Indonesia harus berani berjuang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi salah satu juri dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia 2022. Puan meyakini banyak perempuan muda Indonesia yang memiliki talenta serta keistimewaan seperti para finalis Puteri Indonesia. Karena itu, menurutnya, perempuan-perempuan Indonesia harus mendapat lebih banyak ruang untuk mengekspresikan prestasi dan dedikasinya.

"Saya percaya, suara perempuan-perempuan Indonesia akan membawa perubahan. Bukan hanya untuk di negeri sendiri, tapi juga perubahan di dunia," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/5).

Baca Juga

Puan menambahkan perempuan Indonesia harus berani berjuang untuk kepentingan bersama lewat berbagai wadah. Baik melalui dunia politik, pemerintahan, pendidikan, ekonomi, budaya, kesehatan, pariwisata, dan lainnya.

Menurut Puan, bangsa Indonesia telah unggul dalam pemberdayaan perempuan. Bahkan di tingkat internasional, dedikasi perempuan Indonesia sudah cukup diakui.

Selain itu tidak sedikit pemangku kebijakan di Indonesia yang datang dari kaum perempuan. Ia mengatakan DPR akan terus memperjuangkan kepentingan perempuan lewat berbagai fungsi legislatif.

"Kita memiliki presiden perempuan, ketua DPR perempuan, menteri-menteri, kepala daerah, dan banyak anggota dewan serta pembuat kebijakan publik yang perempuan. Saya yakin, peran perempuan akan membawa Indonesia semakin maju," ujarnya.

Puan memuji penampilan seluruh finalis Puteri Indonesia yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia. Dirinya juga mengaku bangga bisa menjadi juri pemilihan Puteri Indonesia 2022.

"Saya senang berkesempatan melihat banyaknya perempuan-perempuan Indonesia yang tak sekadar cantik, tapi juga inspiratif, penuh dedikasi, menguasai ilmu pengetahuan, dan memiliki banyak wawasan," ucapnya.

Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Jumat (27/5) malam. Puan menjadi juri bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, aktris Anya Geraldine, Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia Triawan Munaf, dan Ketua Bidang Organisasi Yayasan Puteri Indonesia, Kusumadewi Sutanto.

Puan mendapat giliran memberi pertanyaan di babak 6 besar. Ia memberi pertanyaan untuk Melanie Theresia yang merupakan finalis Puteri Indonesia dari Jawa Barat.

Setelah dilakukan sejumlah tahapan seleksi, terpilihlah Laksmi Shari De Nefee Suardana sebagai Puteri Indonesia 2022. Finalis asal Bali itu menggantikan Roro Ayu Maulida Putri untuk mengemban tugas sebagai Puteri Indonesia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA