Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Tujuh Pesan Dalam Ceramah Terakhir Nabi Muhammad

Ahad 29 May 2022 04:54 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Nabi Muhammad (ilustrasi)

Nabi Muhammad (ilustrasi)

Foto: Republika
Nabi Muhammad memberi pesan pada ceramah terakhirnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW menyampaikan beberapa pesan penting dalam ceramah terakhirnya sebelum wafat. Dalam mukadimahnya, rasul memberikan beberapa pesan penting yang harus dilakukan dan yang harus dihindari oleh para sahabat dan umatnya. Guru Besar bidang Pendidikan Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. KH. Ahmad Thib Raya mengatakan pesan-pesan Rasulullah itu sangat penting dan komprehensif yang disampaikan dalam khutbah Rasulullah yang sangat panjang. Diantara pesan Rasulullah SAW itu adalah:

1)Hukuman bagi seorang suami yang tidak berbuat adil terhadap istri-istrinya.

Baca Juga

Prof. Ahmad Thib Raya mengatakan Rasulullah dalam khutbahnya itu menyampaikan bahwa siapa yang memiliki dua istri lalu tidak  berbuat adil diantara dua istrinya itu dalam pembagian dirinya maupun harta, maka di hari kiamat akan datang orang tersebut dalam keadaan dibelenggu salah satu sisi anggota badannya sehingga anggota badannya itu akan miring sebelah. Orang tersebut akan menderita hal demikian hingga masuk ke dalam neraka. 

 "Ini berarti mereka diberikan hukuman dan sanksi oleh Allah dengan dibelenggu dan dirantai sampai dimasukan neraka dam di dalam neraka dihukum lagi," kata Prof. Thib Raya dalam kajian dzuhur di Masjid Istiqlal Jakarta beberapa hari lalu.

2) Hukuman orang-orang yang menyakiti tetangganya

Prof. Thib Raya mengatakan orang-orang yang menyakiti tetangganya akan diharamkan Allah SWT harumnya surga Allah.  Sebagaimana isi dari ceramah terakhir rasul yang menjelaskan bahwa barangsiapa yang menyakiti tetangganya tanpa haq, secara zalim, Allah mengharamkan ia mendapatkan baunya surga. Maka tempat kembalinya ke neraka. Dan barangsiapa yang menyia-nyiakan haq tetangganya maka orang tersebut bukan golongan umat rasul. 

"Ini ancaman yang luar biasa bagi mereka yang menyakiti tetangganya, hal seperti ini sering terjadi diantara kita di masyarakat kita, ada orang yang menyakiti tetangganya, bahkan sebagian tanah tetangganya diambil sebagian," katanya.  

3) Hukuman menghina orang fakir

Prof Thib Raya mengatakan pesan Rasulullah yang lainnya adalah barangsiapa yang menghina kefakiran seorang Muslim karena kefakirannya, memandang hina, maka orang tersebut telah memandang rendah hak Allah SWT. Kelak dihari kiamat orang tersebut ada dalam murka dan kemarahan Allah SWT. Sampai orang tersebut menyenangi terhadap orang fakir tersebut, baru Allah ridho terhadapnya. 

4) Hukuman orang yang mengutamakan dunia dari akhirat

Lebih lanjut Prof Thib Raya menjelaskan dalam khutbah terakhir Rasulullah berpesan bahwa barangsiapa yang disodorkan urusan dunia dan urusan akhirat, lalu dia memilih urusan dunia daripada akhirat maka dia akan bertemu dengan Allah dalam keadaan tidak memiliki satupun kebaikan yang dapat menyelamatkan dari api neraka. Tetapi bila ia memilih akhirat daripada dunia maka ia akan bertemu Allah dan Allah senang dan ridho padanya. 

5)Balasan bagi yang meninggalkan rencana berbuat haram kepada perempuan

Pesan rasul lainnya kata Prof Thib Raya adalah siapa orang yang ingin melakukan keharaman terhadap perempuan, lalu dia meninggalkan perbuatan itu maka Allah akan mengamankan darinya ketakutan yang besar dan mengharamkannya masuk neraka.

"Jadi kalau ada orang yang meninggalkan sesuatu yang haram yang akan dilakukannya terhadap seorang perempuan, dan dia meninggalkannya karena dia takut berbuat yang haram itu, maka Allah akan mengamankannya dari ketakutan yang sangat besar dihadapan Allah,"katanya. 

6) Konsekuensi memperoleh harta dengan cara haram

Barangsiapa yang mengusahakan harta haram, maka satu pun sedekah yang dikeluarkannya tidak akan diterima Allah. Hajinya dan umroh tidak diterima Allah bila harta yang digunakan untuk berhaji dan umroh adalah berasal dari usaha yang haram. Maka dari itu Prof Thib Raya mengajak umat berdagang dan berusaha mencari rezeki dengan cara yang halal dan tidak melakukan tindakan yang haram. 

7) Memalingkan pandangan dari perempuan

Prof Thib Raya mengatakan pesan rasul lainnya adalah Barangsiapa yang memandang kepada sesuatu yang diharamkan untuk dipandang kepada seorang perempuan, maka Allah akan mengisi matanya penuh dengan api neraka. Sedang bila ia menutup matanya atau memalingkan pandangan matanya dari perkara haram maka Allah akan mengisi matanya dengan cinta dan rahmat Allah.

 

 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA