Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

7 Manfaat Teh Peppermint untuk Kesehatan

Ahad 29 May 2022 01:18 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Teh peppermint.

Teh peppermint.

Foto: Pixabay
Teh peppermint membantu pencernaah hingga mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh telah lama dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.  Semua jenis teh mulai dari teh hitam untuk meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme, hingga teh dandelion untuk kesehatan hati dan sel.

Ada begitu banyak faktor kesehatan yang terkait dengan berbagai jenis daun seduhan. Tapi teh peppermint khususnya telah dikaitkan dengan banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga

Dilansir dari prevention pada Sabtu (28/5/2022), Peppermint adalah persilangan antara mint air dan spearmint dan tumbuh di seluruh Eropa dan Amerika Utara. Daun dan minyak pekat telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan sejak Yunani kuno, Roma dan Mesir.  Teh peppermint memiliki beberapa penelitian dan bukti untuk mendukung beberapa manfaat kesehatan yang besar juga.

Berikut manfaat teh peppermint yaitu :

1. Membantu Pencernaan

Ada studi klinis yang menunjukkan itu membantu dengan saluran pencernaan, sakit perut dan sindrom iritasi usus besar. Minyak esensial dalam peppermint dapat membantu merilekskan sistem pencernaan Anda, yang dapat menenangkan sakit perut dan meredakan sembelit.

Banyak penelitian yang dilakukan pada peppermint untuk masalah perut difokuskan pada minyak peppermint, yang merupakan versi peppermint yang lebih terkonsentrasi daripada teh. Studi tambahan telah menemukan minyak peppermint memiliki manfaat untuk pengobatan gangguan nyeri perut fungsional pada anak-anak.

2. Baik Bantuan Pernapasan

Saat Anda batuk, secangkir teh peppermint dapat meredakan ketidaknyamanan Anda. Penelitian telah menemukan teh peppermint memiliki manfaat potensial dalam meredakan gejala infeksi saluran pernapasan akut dan penelitian lain menemukan uap minyak peppermint berpotensi memiliki agen antibakteri terhadap patogen saluran pernapasan.

3. Dapat Meningkatkan Fokus

Penelitian kecil yang muncul telah menemukan bahwa peppermint dapat meningkatkan fungsi kognitif. Pastikan teh yang Anda seduh tidak dicampur dengan teh hitam atau hijau yang berkafein. Studi lain menemukan peppermint memiliki kemampuan untuk mengurangi kantuk.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA