Sabtu 28 May 2022 12:37 WIB

WHO Temukan 200 Kasus Cacar Monyet di 20 Negara

WHO menduga wabah cacar monyet disebabkan perilaku manusia.

Rep: Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih
Cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi
Foto: Pixabay
Cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hampir 200 kasus cacar monyet telah dilaporkan di 20 negara yang biasanya tidak mengalami wabah itu. Namun WHO menegaskan bahwa epidemi ini dapat dikendalikan dan menginstruksikan agar membuat persediaan obat yang terbatas tersedia di seluruh dunia.

“Pengurutan pertama virus menunjukkan bahwa jenisnya tidak berbeda dari jenis yang dapat kita temukan di negara-negara endemik dan (wabah ini) mungkin lebih disebabkan oleh perubahan perilaku manusia,” kata Direktur Pandemi dan Penyakit epidemi WHO, Dr Sylvie Briand, dilansir dari The New Arab, Sabtu (29/5/2022).

Baca Juga

Awal pekan ini, seorang penasihat utama WHO mengatakan wabah di Eropa, AS, Israel, Australia dan sekitarnya kemungkinan terkait dengan seks di dua rave baru-baru ini di Spanyol dan Belgia. Itu menandai penyimpangan yang signifikan dari pola penyebaran penyakit yang khas di Afrika tengah dan barat, di mana orang-orang terutama terinfeksi oleh hewan seperti hewan pengerat dan primata liar, dan wabah belum menyebar melintasi perbatasan.

Pada Jumat (28/5/2022), pihak berwenang Spanyol mengatakan jumlah kasus di sana telah meningkat menjadi 98. Penularan itu termasuk dialami oleh seorang wanita, yang infeksinya "berhubungan langsung" dengan rantai penularan yang sebelumnya terbatas pada pria, menurut pejabat di wilayah Madrid.

Dokter di Inggris, Spanyol, Portugal, Kanada, AS, dan di tempat lain telah mencatat bahwa mayoritas infeksi hingga saat ini terjadi pada pria gay dan biseksual atau pria yang berhubungan seks dengan pria. Penyakit ini tidak lagi mempengaruhi orang karena orientasi seksual mereka dan para ilmuwan memperingatkan virus itu dapat menginfeksi orang lain jika penularannya tidak dihentikan.

Briand mengatakan bahwa berdasarkan bagaimana wabah penyakit di masa lalu di Afrika telah berkembang, situasi saat ini dapat dikendalikan. Namun, sambungnya, WHO memperkirakan akan melihat lebih banyak kasus serupa dilaporkan di masa depan.

"Kita tidak tahu apakah kita hanya melihat puncak gunung es (atau) jika ada lebih banyak kasus yang tidak terdeteksi di masyarakat," katanya.

Ketika negara-negara termasuk Inggris, Jerman, Kanada dan AS mulai mengevaluasi bagaimana vaksin cacar dapat digunakan untuk mengekang wabah, WHO mengatakan kelompok ahlinya sedang menilai bukti dan akan segera memberikan panduan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement