Sabtu 28 May 2022 10:41 WIB

Usai Digunakan Sholat Id, Anies Izinkan JIS Dipakai Perayaan Kenaikan Isa Almasih

JIS bisa digunakan sebagai lokasi ibadah dan perayaan umat berbagai agama.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di awasan Papanggo, Kecamatan Tangjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (21/12)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di awasan Papanggo, Kecamatan Tangjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (21/12)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengizinkan perayaan Kebangkitan dan Kenaikan Isa Almasih Kristus di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara (Jakut), Jumat (27/5/2022) malam WIB. Hal itu setelah sebelumnya JIS juga digunakan untuk sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Anies ikut hadir di acara itu. Hanya saja, kegiatan tidak menggunakan area rumput karena Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan melakukan sertifikasi JIS dalam waktu dekat. Ketua Panitia Acara Maya Rumantir mengatakan perayaan itu merupakan kali pertama diselenggarakan di JIS.

"Ini adalah pertama kalinya menggunakan JIS untuk perayaan Kebangkitan dan Kenaikan Yesus Kristus," kata Maya di JIS, Jakarta Utara, Jumat.Pantauan di lokasi, Anies tiba di JIS didampingi Wali Kota Jakut Ali Maulana Hakim beserta jajaran Pemerintah Kota Jakut sekitar pukul 18.00 WIB.

Anies disambut Ketua Panitia Acara Maya Rumantir di tribun VIP bagian barat. Anggota Komite III DPD tersebut mengucapkan terima kasih karena sudah diizinkan memakai fasilitas stadion tersebut oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Selanjutnya penyanyi senior itu juga menyanyikan lagu berjudul 'Indonesia Bersinar' diiringi prosesi masuknya obor Paskah Nasional XVIII dan bendera sejumlah negara di antaranya Israel, Yunani, Palestina, Italia, Iran, Singapura, Rusia, dan sebagainya. Sementara itu, sejumlah peserta duduk tertib menyaksikan dari tribun kanan dan kiri JIS, menghadap posisi panggung terletak di bawah tribun VIP barat dan tribun timur.

Selanjutnya obor Paskah diserahterimakan kepada Gubernur Anies oleh Ketua Umum Lembaga Paskah Nasional Pdt Shephard Supit. Menurut Pendeta Shephard, obor Paskah tersebut sudah melanglang ke sejumlah provinsi. "Terakhir obor tersebut dilepas dari Badung, Bali," kata Shephard.

Adapun obor tersebut membawa pesan perdamaian dan persahabatan, kata Pdt Shephard.Setelah diterima Anies, obor Paskah tersebut kembali diserahterimakan kepada Theresia Hossana selaku Ketua Umum Keluarga Besar Suku Asli Kalimantan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement