Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Ribetnya Perbaiki iPhone yang Rusak Sendiri

Sabtu 28 May 2022 17:36 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

iPhone 12 mini

iPhone 12 mini

Foto: cnet
Belum lama, Apple meluncurkan program perbaikan iPhone sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru-baru ini meluncurkan program perbaikan do-it-yourself (DIY). Program ini memungkinkan pengguna iPhone untuk memperbaiki perangkat mereka sendiri yang rusak dengan menyewa kit perbaikan dari perusahaan. Artinya, pengguna tidak harus pergi ke customer service untuk memperbaiki ponsel rusak mereka.

Jika Anda mengira kit ini terdiri dari beberapa obeng, tang, spudger, dan kaca pembesar, Anda salah besar. Ketika Sean Hollister, reporter dari The Verge baru-baru ini bersiap untuk memperbaiki iPhone Mini-nya, Apple mengiriminya sebuah peralatan dalam dua koper seberat 36 kg untuk memperbaiki perangkat kecil itu.

Baca Juga

Agar jelas, Apple mencantumkan konten dan bobot toolkit di situs web tempat Anda menyewakannya. Perusahaan memblokir 1.200 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 17, 4 juta pada kartu kredit Anda untuk alat tersebut. Mereka juga mengenakan biaya 49 dolar AS atau Rp 714.341,- untuk menyewa alat selama sepekan dan 69 dolar AS atau Rp 1.005.944,- untuk baterai baru. Itulah yang dialami oleh penulis The Verge.

Dilansir dari Android Authority, Jumat (27/5/2022), masalahnya, Apple mengenakan biaya 69 dolar AS yang sama untuk penggantian baterai di tokonya sendiri. Bedanya, di sana ahli melakukan semua pekerjaan perbaikan.

Toolkit yang dikirim ke Hollister memiliki semua kemungkinan yang Anda perlukan untuk memasang iPhone, termasuk stasiun pemanas kelas industri yang besar dan kuat serta mesin press pegas besar. Masalahnya, proses itu sendiri penuh tantangan.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam memperbaiki ponsel, Anda mungkin menemukan diri Anda terjebak di tengah jalan dan kemungkinan terjadi kesalahan cukup tinggi.

Apple mengirimkan manual perbaikan bersama dengan toolkitnya yang sangat besar. Namun, Hollister masih mengalami kesulitan untuk memperbaikinya.

Manual tidak membantu ketika mesin pemanas mengeluarkan kode kesalahan. Menarik sekrup kecil iPhone juga merupakan tugas Hollister, bahkan dengan “penggerak torsi mewah” Apple.

“Bagian yang paling membuat frustasi” dari proses perbaikan sesuai laporan adalah bahwa iPhone tidak mengenali baterai asli yang disediakan Apple. Itu memunculkan peringatan “bagian yang tidak diketahui”. Tampaknya, Anda harus menghubungi perusahaan logistik pihak ketiga Apple setelah perbaikan untuk memvalidasi bagian tersebut. Hal tersebut adalah proses lain yang mengharuskan Anda menjalankan diagnostik di iPhone dan memberi perusahaan kendali jarak jauh perangkat Anda.

Brian X. Chen, penulis dari The New York Times juga mencoba kit perbaikan Apple.

“Alat dan instruksi do-it-yourself Apple jauh dari ideal bagi kebanyakan dari kita. Saya tahu ini karena saya merusak ponsel saya (dan) mencoba menggunakannya,” kata Chen.

Faktanya, Chen mendapat bantuan dari teknisi perbaikan telepon independen yang mengatakan bahwa Apple menyulitkan pelanggan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA