Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

FKUI: Selain Covid-19, Penyakit-Penyakit Ini Juga Harus Diwaspadai Masyarakat

Jumat 27 May 2022 23:55 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Covid-19 (ilustrasi). Selain Covid-19, masyarakat juga masih berhadapan dengan risiko penyakit infeksi dan non infeksi.

Covid-19 (ilustrasi). Selain Covid-19, masyarakat juga masih berhadapan dengan risiko penyakit infeksi dan non infeksi.

Foto: www.pixabay.com
Masih banyak penyakit selain Covid-19 yang mengancam kesehatan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas-FKUI Dr dr Retno Asti Werdhani MEpid mengingatkan masih banyak penyakit yang mengancam kesehatan penduduk Indonesia selain Covid-19. Penyakit tersebut mencakup infeksi maupun non infeksi.

"Tantangan kita tidak hanya penyakit infeksi, kita juga ada tantangan penyakit non infeksi, yang kita tahu angka hipertensi dan diabetes melitus itu masih tinggi, angka tuberkulosis juga masih tinggi, nomor tiga di dunia, ditambah lagi Covid-19, kita masih ada kemungkinan risiko tertular kembali," kata dr Asti dalam talkshow bertajuk "Masa Depan Ketahanan Kesehatan: Tantangan Penyakit Pasca Pandemi Covid-19", yang diikuti di Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga

Selain itu, juga terdapat berbagai penyakit baru, di antaranya merebaknya hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya seperti yang terjadi belum lama ini. Dr Asti meminta masyarakat menyadari bahwa di sekitar mereka terdapat banyak patogen penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, jamur, parasit, radikal bebas, hazard kimia, biologi, dan fisika.

 

 
 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA